New BMW S1000RR 2012

Posted: 28 October 2011 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , ,

Well, dua tahun sudah pabrikan BMW Motorrad menelurkan varian superbike mereka, BMW S1000RR. Sebuah superbike fenomenal diawal peluncurannya karena powernya yg mencapai 200 HP. Apalagi dari segi stylingnya yg unik dengan lampu asimetris. Soal peralatan elektronik, boleh dibilang motor ini “palugada” sebut aja quickshifter, kontrol traksi, ABS, dll semua lengkap dan jadi varian standar. Sayangnya meskipun memiliki banyak kelebihan, motor ini memiliki kekurangan di sektor handling. Yep, dua tahun melanglang buana di arena superbike. BMW belum pernah memenangkan juara seri sekalipun. Hasil terbaiknya adalah peringkat ke-3 di Monza dan Misano oleh Troy Corser. Dan baru sekali mendapatkan superpole.

Kegagalan tersebutlah yang memaksa BMW meng-update BMW S1000RR-nya. Dari segi stylingnya memang tidak terjadi perubahan signifikan. Karena konsern BMW adalah untuk memperbaiki ridability motor ini. apa aja yg udah dirombak alias dimodifikasi di varian ini. ini daftarnya menurut topspeed.com:

  1. 3 mode kurva power dan respons throttle, yaitu Sports mode, Sports and Slick, dan Rain Mode (tenaga “cuman” 163 HP)
  2. Kurva torsi yg lebih user friendly.
  3. Handgrip yg lebih ketat dan mengurangi perputaran pada throttle gas
  4. Perubahan geometri suspensi, seperti steering head angle, offset, posisi swing arm pivot, fork projection, dan spring strut length. Untuk meningkatkan performa handling, akurasi steering, dan feedback yg lebih baik.
  5. ABS dan Dynamic Traction Control (DTC) yg dituning ulang
  6. Steering damper dengan lebih dari 10 setelan
  7. Setelan suspensi yg semakin variatif kekerasannya
  8. Posisi catalytic converter yg diubah utk mengurangi panas yg tidak perlu
  9. 4 piliahan warna baru:racing white with alpine white, blue saphire, saphire black metallic, BMW Motorrad Motorsport Colours
  10. Logo RR yg bary
  11. LCD yg didesain ulang utk memudahkan dibaca dan 5 setelan terang-gelap
  12. Instrumen cluster dengan tambahan Best lap in progress, Speedwarning, deactivation of “Lamp”
  13. Desain airbox yang semakin besar utk melancarkan udara yg masuk ke intake
  14. Desain buntut yg semakin slim

Anyway, sangat banyak yang dibenahi BMW Motorrad di varian paling larisnya ini. Menurut Adam Child tester motorcyclenews.com, perubahan yang dirasakan memang sangat signifikan. Terutama disektor kontrol traksi yang semakin dinamis dan tidak terlalu “ikut campur” seperti generasi sebelumnya.

Nah pertanyaannya adalah kapan mau dibeli?? :mrgreen:

Comments
  1. B M W ♣ says:

    Sekarang jg bisa

Leave a comment