Pilih Mana: Rondo Tiger Revo atau Vixion???

Posted: 25 August 2012 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: ,

Hehe.. Asw. mas bro semua.. Sebelumnya Minal Aidin Wal Faidzin dulu. Mohon maaf lahir batin kalo mpunya warung bobrok ini punya salah dan jarang silaturahim sesama sedulur semua. Yah, setelah sekian lama akhirnya WBS berkesempatan lagi untuk mengisi artikel (lebih tepatnya mood untuk nulis lagi keluar :mrgreen: ). Nah, kali ini WBS mau mengulas dilemmatis yang mungkin mas bro n mbak sis semua yang sedang dihadapi.

Yups, dua pilihan yaitu pilih mana: Rondo Tirev ato Vixy??? Kok, Tiger Revo sama Vixion?? Kan beda kelas, yang satu 150 cc yg satunya lagi cruiser 200 cc. Hehe, pertama2 ane ngambil patokan ini secara harga yang 11-12 (dalam artian sesungguhnya kalo tahunnya 2006/2007.. cmiiw :mrgreen: ). Yang kedua, kebetulan sekarang ane miara si Macan alias Tirev (si luna udh ane lego 😦 ). Jadi ane cuma mau sekedar sharing buat mas bro ato mbak sis yang sedang dilema diantara dua pilihan ini.  :mrgreen:

Pilih Vixion kalo:

1. Baru mau nyoba miara sport batangan

Yups, IMHO inilah motor kopling batangan yang paling user-friendly buat ane. WBS masih inget banget ketika si Vixy baru dianter kerumah (dulu beli dari gress 😎 ) dan kebetulan ane masih belum gape banget dengan yang namanya motor kopling, tapi si Luna langsung menyapa gak pake protes gak pake ndut2an langsung greng.. lancar jaya. Plus bobotnya yang ringan juga semakin menambah percaya diri buat memacu si motor batangan ini. Singkatnya malam pertama ane dengan “si batangan” ini gak pake acara malu2in dan penetrasi yang sulit :mrgreen: .

2. Berjiwa Sporty

berjiwa sporty disini maksudnya senang dengan karakter mesin yang Hi-Revving. Yups, terus terang Vixion sangat nikmat buat dibetot gasnya dalem2. Serasa memacu adrenalin dan memang ada sensasi tersendiri ketika jarum rpm ngelewatin angka 7000.

3. Ingin Praktis

Berdasarkan pengalaman ane, melihara vixion itu nggak banyak ribet. Bahkan kalo mau dan bisa, perawatannya hanya beli bensin (Pertamax, wooyyyy :mrgreen: ), bersihin air filter, dan ganti oli untuk rutinitasnya. Problem susah starter dipagi hari layaknya problem Tirev jg gak ada. Makanya buat yang nggak terlalu paham soal karbu atau mesin, ane sarankan pilih saja Vixion. Hari gini, pake nge-cuukkk ???!!! Apa kata mbah @sudjiwotejo :mrgreen:

4. Jarang Boncengan

Vixion memang punya suspensi yang paling nikmat, apalagi buat cornering (mungkin inilah salah satu alasan om valentino Rossi rujuk lagi ke Yamaha :mrgreen: ). Tapi IMHO kenikmatan itu hanya bisa didapatkan ketika riding sendirian. Lagi2, yang utama ane menyalahkan bobot ane sendiri yg udh kelewat sejahtera ini (80 kg, red :mrgreen: ). Tapi memang posisi duduk dan desain jok untuk boncenger di Vixion kurang sip buat boncenger’s.. cmiiiw.

Nah, Pilih Tiger Revo kalo :

1. Senang dengan karakter Cruiser

Nggak harus untuk keperluan turing tok, alasan untuk meminang Tirev ini. Toh, IMHO ergonomi riding tiger ini lebih nyaman untuk bermacet2 ria ketimbang vixion yg rada nungging. Yang utama adalah senang dengan karakter mesinnya yang khas cruiser. Maksudnya Tiger ini cocok buat orang yang ndak terlalu suka dengan Hi-rev seperti vixion tadi. Istilahe, Lazy-engine alias torsinya yang besar. Justru alasan inilah yang membuat WBS tertarik meminang rondo Tirev ini. Yah, karakter mesinnya lebih cocok buat ane yg slow rider ketimbang vixion yg sporty. Naik tiger itu memang lebih enak kalo kita nggak ngoyo ngubek2 hi-rpm kyk Vixion. Just relax broo,, and enjoy the ride, let the torque done its jobs 😎

2. Untuk keperluan pacaran :mrgreen: alias boncengan

Nah, disinilah dilema antara Tirev vs Vixion pada puncaknya. Posisi boncenger vixion yg rada nungging memang enak buat maen cakram :mrgreen: , tapi boncengin pacar naik tirev itu lebih santai dan it’s ok lebih lama di jalan. karena yah emang naik tiger itu lebih nyaman buat boncengan daripada vixion. So, buat yg udah punya istri atau memang kalo wara-wiri ada boncengannya, ane sarankan pinang saja Tirev ini.

3. Anda memang senang dengan Tiger

Ini adalah pandangan objektif ane setelah bertahun2 merawat Vixion. Sekedar info, vixion itu lebih ringan dari Tiger Revo dan gak ngerepotin untuk manasin motor dipagi hari. Pada Tiger, ritual pagi2 sebelum manasin mesin adalah ngengkol alias nyelah 3 kali, tarik cuknya, baru deh starter mesinnya (disarankan pake starter engkol). Dan harap dijaga rpm mesinnya, kalo nggak bisa bolak balik nyetarternya. Ribet??!!! Ya iyalah kalo dibandingin Vixion yang cukup puter kunci kontak, tunggu lampu check engine-nya mati, trus starter deh. Bisa ditinggal buat pake masker, helm, plus sarung tangan 😎 gak perlu ngejagain rpm konstan sampe mesinnya ajeg. Belum lagi problem tangki bocor (untung si macan WBS nggak 😎 ), bodi gampang getar plus rem depan yg kurang sip. Tapi,  Tiger itu memang motor impian ane bahkan sejak WBS belum punya Vixion. So, dengan segala kekurangannya ane tetap seneng dengan Tiger ini.

Nah, begitulah mas bro sekalian buat bahan pertimbangan kalo mas bro ada yang berminat untuk meminang diantara dua pilihan tadi, Tiger Revo dan Vixion. Kedua2nya adalah pilihan bagus dan ane pastikan ndak akan menyesal untuk meminang salah satu dari pilihan tersebut selama mas bro belum berjiwa matic :mrgreen: . Sekedar info, ane ngerawat Vixion selama kira2 4,5 tahun. Si Macan sendiri udah jalan tiga bulan ane pelihara. Jadi ane udah cukup tahu banget mana kelebihan/ kekurangan masing-masing. Semoga membantu dan selamat berburu Rondo Vixion atau Tiger πŸ™‚ . Dan kalo udah meminang salah satu makhluk tersebut, ane pastikan bakal gak nahan kalo ngeliat ini

Any questions… ???

Comments
  1. gogo says:

    sip bro, secara batiniah ane lbh suka Tiger cos udah kepincut sejak TK (1994). klo krn duit g nyukup ane udah ambil Tiger ketimbang Vixi, tp mlh ane puas banget make vixi.

  2. z1rider says:

    Pilih mana ya ? hmmm. Vixion aja deh. Tapi kurang gambot. *wah, bingung, hehehe πŸ™‚

  3. bagas29ps says:

    Klo saya dibonceng emang enak dibonceng pake tiger (suspensi lebih nyaman)
    Klo dibonceng pakai vixion ga enak (suspensi mentul-mentul ga jelas hehehe kayanya terlalu empuk malahan)

    Klo bawa motor sendiri enakan pakai vixion (lebih nyaman dan enteng nih motor)
    Klo bawa motor sendiri pakai tiger beratnya astagfirullah :mrgreen: , tapi buat jalan jauh paling nyaman pake tiger(kata bapa saya)

  4. saya milih vixion..
    cari pengalaman baru…

    awas tangki bocor…

  5. kharis27 says:

    pilih vixion aja

  6. ane vote tiger wae lah, asik buat jalan jauh, ga gampang pegel n tarikannya sadis,pernah nyobain tiger 2010 dipake ngebut tenaganya ngisi teruuus………kalo vixion mah gampang pegel di pundak…

  7. redbike92 says:

    Sebenernya kalau ditanya milih vixion atau tiger ane bingung milih rondho yang mana. Vixion keren dan minim perawatan, tapi sayang kalau boncengan gak enak (kalau jadian baru enak boncengan pake V-ixion :mrgreen: — nempel terus), kenapa juga V-ixion gak dapet warisan jok ekstra panjang dari RX-King 😦

    Kalau milih tiger, selain modelnya lebih gede dan keren, tapi masalah utaman Bang Tiger itu berat :(, lha tiap hari ane ngelewati jalan yang macetnya gak ketulungan. Belum nyampe kuliahan dah kecapekan. Selain itu Honda Tiger lampu seinnya rawan patah 😦

    • pny vixion kudu nyari cewe seng rada langsing n tinggi biar g byk ngeluh kalo mau boncengan,, :mrgreen:
      naek macan emang nuntut fisik yg oke buat ngimbangin beratnya,, tp kalo udh jalan imho naek tiger itu lbh relax,, cocok buat ane..

  8. ipanase says:

    sorry, vixion aja

  9. karismalover says:

    ane pilih NMP aza #kaburrrrr

  10. kenthoet says:

    pilih vixion az… gak repot n gak gampang botjor :mrgreen:
    nitip ya om πŸ˜€

    Nostalgia : Service Ringan Suzuki RC80 Mantan Motornya Bokap..!!

  11. Nofgi says:

    Pilih rondo Ninin aja hehehe … ❓ *Nyimpang mode on ^ ^

    Rondo Tiger kayaknya lebih murah deh …
    Tapi awas bocor hihihi …

    (Lanjutan) Aneka Part Variasi Di Vixion Ane Part 2

  12. djoshe says:

    jadi pengen tirev lg 😦

  13. touringrider says:

    pengen ninja karbu..hehehehe

  14. vixy182 says:

    milih piksen krn minim perwatan dan body ane yg kurus πŸ™‚

  15. kipas angin says:

    ane milih vixi lah mau diapain juga tigor itu motor lama ga ada nilai lebih, mesin warisan cb – gl pro. tangki bocor,kemrosak,mesin tigor cepet ngeluarin single album klotok2,krecek..krecekk..oli meler,ngasepp…cocok dipakein knalpot motor 2 tak dijual murah..kalo diperhatiin di diler2 rondo tigor banyak banget,coba tanya rata-rata mereka yang jual tigor tsb pindah ke vixi kalo ga ke N250

  16. mantribiker says:

    ane pilih Tata Nano gan (nah loh..)pengin naik kelas tp ga pingin kehujanan & kepanasan..

  17. Gmc Paradise says:

    Josgendos bro…
    Untuk menjalin silaturahmi antar sesama, salam kenal dari Gombong Motor Community (GMC). untuk lebih lengkapnya kunjungi web kami di http://www.gombongmotorcommunity.com
    kalau boleh kita tukaran link
    Trim’s

  18. brigade15 says:

    lebih bagus body & kelistrikan piksen, mesin & kaki kaki macaaan
    http://brigade15.wordpress.com/

  19. tovavanjava says:

    Piksen jossss….. πŸ˜€

  20. zaq says:

    wah review bagus.. kebetulan ane juga bingung mau beli yg mana… intinya kalo berjiwa sporty pilih vixy.. dan kalo suka touring pilih tigi.. berhubung postur tubuh ane yg cenderung kurus tinggi, ane pilih vixion aja dah… ^ ^

  21. Hashim Apep says:

    heheh bngung bro…

  22. Aditia says:

    hahhaa.. kadi bingung ane nih..
    sukanya tigi.. tapi tinggi ane cma 166cm..
    ada saran ga gan?? ane juga blum tw btul tentang mesin nih.. πŸ˜€

    • hehe.. kang Taufik tmcblog aja tingginya 160 cm (cmiiw) tp bisa naek vixion, tiger ampe moge.. yang penting kaki napak aja mas bro.. soal motornya yg berat nanti jg terbiasa.. spt yg ane bilang diatas,, ngerawat vixion lbh gampang plus bobotnya lbh enteng drpd tiger.. saran ane sih Vixion aja scr beratnya yg lbh enteng plus kalo rondonya biasanya mesinnya lbh seger drpd tiger (tergantung pemiliknya).. thanks bro komentarnya πŸ™‚

  23. deden says:

    Kalo ane sih milih tiger, tiger lebih seimbang pas ngebut tapi tarikan awal’y belet / kurang banget coz tiger kalo rpm udeh 4000 lbh baru bisa maen jdi tiger itu tarikan atas’y ada..
    Kalo vixion itu tarikan awal’y kenceng2 tapi tarikan atas’y ga ada, apalagi cuma 5 speed..
    Kesimpulan : tiger top speed’y bagus / dapet beda ama vixion yg kurang banget pas tarikan atas’y..Itu menurut ane sih, ane teknisi mobil jdi tau lah mesin2…hhe

  24. adi says:

    saya pilih tiger revo ,karena punya nya cuma itu , enak buat dijalan dengan tanjakan ekstrim , naik turun gunung , yg paling saya suka ketahanan mesinnya untuk perjalanan jauh , nggak ngempos , speed ? hehehe ini motor cruiser nggak buat ngebut , ngebut pakai ninja aja

  25. Diaz says:

    Ane pemakai Vixion tahun 2011 … Ane pernah mencoba adu kecepatan di akses tol jalan menuju suramadu, jalanan panjang sejauh 15Km tanpa ada halangan .. di karenakan emang jalanan sepi …. Saat start vixion ane emang di depan.. saat ane dah mencapai top speed 140Km . di jarak sekitar 2 Km .. perlahan namun pasti Tigi revo menyalip ane gan … dan semakin menjauh … vixion emang menang di track pendek .. namun keok di jarak panjang ….

    • yups.. tapi kalo ane yang bawa vixion/tiger tetep aja vixion/tiger laen pasti nyalip ane.. gak bakat kencang :mrgreen:

    • muswendi says:

      Bner mas,ane dh nyoba sendri lawan vixi2013 tmn ane,kondisi brbncengan,ane bonceng org brt nya 100 kg +ane 68,= 168 vixi 80+75 =155 trikan awal ane ktngglan 5 mter,ndk pke lma buat nysul,pngen jga sih gnti vixion yg ramping,mngingat bdan yg krus,tp gk jd cz ane hobby turing,tiger pling enk buat turing ..

  26. wong sawah says:

    Jalannya kyk body cewe ane wkwkwkwk
    Tp q lbh suka tirev drpd piksen mskpn mesinnya kdang bnyi kemresek…
    Tp skrg pke si kebo,macannya dpake bokap kalo weekend suka kejar2n kyk di afrika aja hahaha πŸ˜€

  27. bagas f sanjaya says:

    Tiger revo its just my simple! No question Not many complaints even benefit more sporty! Hidup tiger revo

  28. jokolelono says:

    Klu ane siiiip dech buat tirev,drpd vixy…pake aja jln tnjakan pas lg macet…jln dtar juga boleh tu di adu….

  29. Aby says:

    Klo ane drpd tiger mending megapro… secara lebih nyaman…

  30. arifintigi12 says:

    alhamdulillah pake si macan revo udah 8bulan enak bawaan ridingnya,
    kena angin gede dr samping anteng aja ga goyang,,mantap..

  31. Cah Mbeling says:

    setujuh mas warung bakso. punya bini apalagi gde mending tirev biar ga suruh mijitin pulangnyah….
    tp Klo abg jomblo pa lg mahasiwa yah vixi ajah… jarang rewel ga keluarin kocek byk wat perawatan.

  32. arief says:

    Hampir 8thn tiger meneamniku, tiger mantap..

  33. momon says:

    s’umur2 blm prnh pantat gue du2k d’atas tirev,,meskipun mlm prtma ane buat vixi tp jujur ht ane buat tirev mskpun dgn sgla k’kurangan’a

  34. Agung Firmansyah says:

    Aq mili TIGER brooo………………..praasan sech gak berat2 amat. kalu kenak Angin Anteng.

  35. fajar zafran says:

    bermanfaat bgt buat ane yg lg cr mtor laki.. jd bingung nih bro mau beli tirev apa vixi..
    Td nya ane mau bl vixi, tp kt tmn2 dgn segala argumen ttg plus minus vixi, ane di saranin ambil tirev.. Jd galauu..
    Minta saran nya dong mas broo..

  36. George kumarai says:

    Kalo ane sdh 3 thn nunggang tirev 2011, alhamdulillah puas banget bro, ane yg tinggal dibali pernah nunggangin tirev ane muterin pulau seharian kagak ade yg namanye pegel2..! Nyaman bgt bro.. Apalagi mahluk tirev di bali langka pemakai, jadi narsis nungganginya, n’ kagak pasaran… Sekalinya parkir, itu mata pada melotot liatin tirev ane bro, yg memang sdh full touring accesories. Padahal sehari2 ane nunggangin miss vario, maklum tirev ane simpenan, yg ngeraung dijalan bisa sebulan 3x… Jadi pilih aja yg sdh pnya pengalaman banyak, mesin jadul tp ngga neko2 intinya perawatan.. N safety riding bro…?!

  37. juwarisutono says:

    nungguin dana cair ko lama banget ya, ngitungin hari, bulan, tahun depan moga aja bisa nyemplak tirev, sementara syukuri apa yang ada (h.beat) karna hidup adalah anugrah hehe :v :curhat:

  38. luk says:

    akhirnya ane milih TIREV bro, stelah bapak-bapak semua diskusi bertahun2 antara rondo vixy dan rondo tirev,,,, heheheheh mantappp

  39. Dream Theater says:

    ane pakai tirev buat gawe bro. jujur buat jalanan di ibu kota lebih enak motor yang secara akselerasi bagus spt Vixion untuk jalanan padat dibandingkan tirev.
    emg bebar tuk tirev sendiri di design cruisser touring & menang di top speed spt GSX 250.
    basiclly dari 2 varian motor ini punya kelebihan masing2. semua balik lg tergantung dari kenyamanan pengendaranya. ^_^. GBU. Wassalam.

  40. Joniindoh says:

    Permisi mas bro..numpang komen.

    Terima kasih sebelumnya atas review positif Tirev nya.
    Pinangan ane skrg Tirev ’13 fresh from oven.

    Ex-Vixi 2011 sempat nyemplak dua tahun di garasi ane.

    Utk yg body dan tulang yg berlemak dan berotot (ane 178cm, 93kg), butuh nyantei2 bukan kayak tkg.ojek kejar setoran, cari kenyamanan handling – low vibration bawah jok utk jalan di dalkot apalagi touring med-high route, Isteri ngk ngedumel mulu pas kena jalan jelek-poldur-dll, konsumsi bbm bisa bersahaja… Tirev jawabannya.

    Dgn kata lain…Setuju banget sama mas bro yg punya blog.

    Tapi, bagi yg butuh akseleresasi, bbm irit tembus 1:40 tergantung pola riding, dan karakter lalin sekitar, handling cukup okeh utk solo rider, minim perawatan yg signifikan (tune up reguler, rajin cek rutin di beres Yamaho), Setuju pula sama bang momod blog ini…VIXY lah..

    Final…
    Balik ke selera!

    Thanks bang momod!

  41. bikers46 says:

    ane milih tirev.. karena memang suka touring jauh2, terakhir dari semarang-ujung kulon pp…mantep bro badan ga pegel2 dan bensin irit poooll….jadi kalo untuk touring pilih aja si macan

  42. novan says:

    aku tirev ajalah sementara………cuman gasnya koq nyendhal2 ya…. nggak alus kayak vixi….

  43. dedefardi says:

    gan gan semuanya, mohon pencerahannya dong saya lagi bingung nih milih antara new vixion apa tiger revo.. saya masih mahasiswa tetapi suka touring dan yg menjadi masalah saya orangnya kurus tapi tinggi lumayan 173, lebih baik milih yg mana ya antara tiger revo sama new vixion? jujur saya lebih suka tiger revo, tetapi saya bingung dengan kendala”nya yg bikin aku bingung sama mesin jg.

    alangkah ambil amannya kira” baik ambil yg mana ya? makasih, mohon pendapatnya 😦

  44. hafidz says:

    Ane masih setia sama tigy, nyaman dan macho bnget, cowo bnget. Kalo toh berat, kan tu motor mau dinaikin bukan motor yang mau naik ane.
    #keep safety riding#

    • nur says:

      kalau enaknya pilih vixi cos minim perawatan . tapi kalau nurut postur tubuh jelas tigi lah .apalagi dari smp udah ngimpiin punya tigi revo ehh taun kemarin bisa belinya alhamdulillah.walaupun banyak cibiran tigi gampang banget perawatanya .tigi gagah banget ninja aja gagahnya lewatt

  45. ustad poyo says:

    oke boss. aku piih tirev. mantab bro.

  46. tiger enak d baw nyantei atw kebut, apalagi d bawa jauh, tiger lebih enak (y) tegap g goyang πŸ˜€

  47. wahyu pny Tigi says:

    Lebih enak Tiger,, gak pegel dibandingin Vixi.. Klo Pagi, Alhamdulillah, sekali stater langsung jreng..

  48. Tiger reno aja,,, sfah hmpir sthun saya juga meminang tirev ,,,
    Buat boncengan enak,, plus empuk,,

  49. wuihh mulus banget tuh jln om.. πŸ˜€ ane jadi pengen betot gas si Tigor πŸ˜€ gak tahan..

  50. didiek says:

    Alhamdulillah….sudah kesampaian beli tirev 2010….motor impian sejak kuliah….

  51. Fariz Sena Gusmara says:

    doyan yg full POWER, seneng touring, cari yang nyaman aja…tetep setia pake Tiger 97….

  52. brahim says:

    Mending tirev mas brow buat touring enak tarikan enteng tanjakan nyiiisssss mantep punya saya tanjakan tiggi aja gigi 4+5+6 saya udah sreeg banget sama tirev nggak bakal saya ganti
    H T C
    KENDAL

  53. yosep says:

    om umur ku 16 bentar lagi 17,awalnya di kasih honda supra fit buat sekolah ,eh baru bentar pake supra fit sama babeh udah di kasih tiger buat sekolah ,,, waw joss banget naik pangkat bang dari bebek sekarang sport,nanti kalo dah punya sim c bakal masuk club tiger kayanya.

  54. Amos1700 says:

    Entah kenapa hati saya masih ke tiger.. :v soalnya kemana mana jalan jauh make tiger emg top.. apalagi waktu ke Semarang. jok nya empuk dan lebar pula, abis itu posisi duduk luar biasa nyantai.. dan suspensi depan bener bener champion dan yg belakang kalo ada lobang diahajar itungannya ga kerasa (pas jalan ama bokap pas lewat pantura).. dan itu pengalaman saya aja sih.. :v :v

  55. Rudi says:

    kalo aq sendiri si jelas milih vixion kalo tiger kayaknya pamornya udah turun dan udah ngga ngehits lagi

  56. Boedhy says:

    Bini gw minta vixion tapi gw cenderung si macan b.
    Karena harga lebih terjangkau .. gmn coba

Leave a comment