Sebuah Cerita Tentang Kawasaki

Posted: 17 May 2011 in Motorcycle
Tags: , ,

Hehe, lama gak nge-blog. Maklum setelah melewati masa-masa pengangguran sebagai sarjana muda. Alhamdulillah ane sekarang sedang menjalani training. Anyway, hari Sabtu kemaren waktu ane bawa motor kakak saya, Kawasaki Athlete ada sedikit perbincangan menarik dengan teman bapak saya. Kira-kira beginilah alurnya:

Temen bokap: “ wah, ini motor Kawasaki ya??

Saya:” ia om, ini Kawasaki Athlete”

Temen bokap: “ kemaren temen om, ngambil kawasaki kaze dari lelangan”

Saya: “ oh ya, dapet harga berapa om?”

Temen bokap: “ Cuma 150 ribu perak”

Saya: “ ????!!!&*&*#” (sambil garuk2 kepala :mrgreen )

Temen bokap: “mesinnya masih bagus, cuman belepotan oli”

Saya: “(setelah menguasai diri) berarti banyak yah ongkos beresin mesinnya?”

Temen bokap: “ nggak cuman abis 5000 perak, ternyata sil oli-nya doang yang bikin bocor”

Saya: “beruntung banget tuh temen om” (garuk2 kepala lagi:mrgreen: )

Temen bokap: “iya, tuh sampe sekarang masih dipake ke kantor”

Temen bokap: “pokoknya punya Kawasaki nggak usah sering2 diservis, om juga lagi nyari nih Kaze seken”

Haha,, cukup perbincangannya dengan Temen bokap ane. Nah, saya juga mau curhat kalo dulu motor pertama kakak ane juga Kawasaki Kaze. Dan yah, motor Kaze tersebut juga termasuk motor belajar ane sebelum ntuh motor dimalingin. Impresi pertama terhadap motor Kaze waktu itu adalah beratnya amit2 dibandingin motor bebek lainnya macem Astrea atau Yamaha Vega. Biarpun berat, Kawasaki Kaze kakak ane bener2 stabil dan yah berat.. xixi:mrgreen: . nah, setelah beberapa tahun, kakak ane beli motor lagi, dan merknya lagi2 Kawasaki tipenya Athlete. Pertama beli pas Kawasaki Athlete di launching, pokoknya waktu tahun 2008 masih anget banget dah nih motor. Impresi pertama kali bawa Athlete adalah motornya memang gak seberat Kaze (mungkin waktu itu badan ane masih cungkring kali yaa😆 ). Tapi kestabilan dan kenyamanannya yah tipikal Kawasaki yang memang terkenal stabil dipake kenceng. Tapi lagi nih, perpindahan giginya mirip dengan Kaze yang rada susah diajak halus alias minim hentakan. Singkatnya bawaannya kasar deh perpindahan giginya. Dan terus terang ane langsung nyeletuk, great, my big brother made a mistake again (bagus, kakak gue salah beli motor lagi nih, red.:mrgreen: ).

Yup, jujur aja dari jamannya pake Kaze, ane lebih suka letter “S” tipe Smash (plis, bukan band maho Sm*sh,😆 ). Waktu itu Smash temen ane, memang enak waktu baru. Perpindahan giginya paling halus dibandingin Supra, Vega, apalagi Kaze. Tapi setelah hampir berusia tiga tahun Athlete kakak ane. Pas kemaren nyoba bawa lagi, motor Athlete ini masih seperti pertama kali ane coba. Mindahin giginya masih kasar tapi tetap akurat alias nggak loncat dari posisi 1 ke posisi 3. Yup, ane  ngebandingin dengan motor temen2 saya yg berusia hampir sama. Dan yah, motor temen saya yang kebanyakan letter “H” dan “S” itu, udah banyak yg kena sindrom “gigi loncat.” Tapi tidak dengan Athlete kakak ane yang udah menempuh jarak sekitar 33 ribu kilometer. Motor Athlete ini masih terasa rigid nan legit walopun sama2 minim perawatan. Dan impresi saya waktu make Athlete lagi setelah sekian lama adalah, “just like the old, friends” (masih kayak dulu). Beda dengan letter “H” dan “S”, “you’re not the same” (kok beda banget yah ama yg waktu baru dulu, red.).

Yupz, kalo kita ngeliat iklan Kawasaki dengan tag line-nya yg berbunyi “Kawasaki, bagian hidupku”, memang kena banget kalo udah nyobain produknya. Kawasaki memang tidak nge-jual “resale value tinggi”, karena siapa juga yg mau ngejual lagi setelah pake produk Kawasaki atau masa sih bagian hidupnya mau dijual?? Nggak ‘kan. Harga jual kembali bebek Kawasaki mungkin nggak setinggi harga bebek Honda atau Yamaha. But, hey produk Kawasaki terkenal badak ngapain dijual lagi pake aja terus. Bicara soal konsumsi BBM, Kawasaki mungkin termasuk rada boros. Tapi diiklan Kawasaki memang nggak bilang ngejual motor paling irit dikelasnya. Dan gua ngambil kasus Honda Beat kakak saya. Diiklan Honda Beat disebutin konsumsi BBM-nya 73 km/liter. Bah, dapet 1:40 aja Honda Beat dah bagus banget😡 .

Anyway, mungkin Cuma Kawasaki yg jujur dalam iklan. Tidak seperti iklan Honda Absolute Revo yg pny suara layaknya motor balap. Atau Jupiter MX yg saking kencangnya memberikan efek Tornado😆 . Setidaknya Kawasaki tidak membohongi konsumennya, karena Kawi menjual produk dengan harga cukup reasonable plus reliable dalam maintenance. Coba aja liat Kawi Ninja 150 yang umurnya diatas 5 tahun. Pasti terlihat lebih terawat dibandingkan dengan Tiger, Megapro, maupun Scorpio atau Thunder. Walopun sama2 gak dirawatnya. Well, ini cerita dan opini saya melihat produk2 Kawasaki yang berseliweran di jalan dan yang ada dirumah. Mungkin ada cerita yang lain. Silahkan saja dikomentari🙂 .

Comments
  1. kawak berangka padat.makanya berat.
    di salip bus akap gak goyang

  2. gaplek mania says:

    temenku punya kaze.udah berkali2 jakarta-blitar PP.dari thn 97 ampe sekarang belum ganti kampas kopling,padahal udah oversize 2kali.
    beneran gan 150rb,lelangan dimna tuh,mau dong 😀

    • brarti nambah satu bukti lagi,, kawak kaze “badaknya bebek”:mrgreen:
      beneran bro,, temen bokap dapet dari lelangan bekas motor kantor,, shock juga ngeliat harganya segitu..

  3. Hourex150L says:

    belum setahun Boz pake Produk kawak, jadi belum berani testimoni..

    PISS..

  4. Shark says:

    aku suka kawasaki dari kecil…

  5. triclaksono says:

    yang saya garis bawahi :

    dapet kawasaki seharga 150 rebu ??… ck..ck..ck..tu bapak harus bener2 beruntung, harus ngadain sukuran deh..yah minimal potong kambing 2 ekor terus nanggap wayang atau organ tunggal semalem suntuk..goyang dombrett..e..e..goyang dombrett..wkwkwk..😀

    • namanya juga motor lelangan, dapetnya juga lansiran awal kawak Kaze sekitar ’95 cmiiw..
      haha.. ane garuk kepala aje dah,, modal 150 bs rebu dapet motor, bisa dipake lagi😆

  6. @bro Hourex150L: siipppp dah,, free pertamax juga yak😀

  7. dasha says:

    ane suka kawasaki sejak dahulu purba,kuat pke ninja diajak2 kebut2an kg jebol2,scorpio ancur dibeset2,suzuki satria Fu mesinya risi”alias kasar,pake honda 8X turun mesin,yg pling enak emang kwasaki,ane bru beli athlete,

  8. muhammad ilyas says:

    ane mau testimoni nih udah pake kawasaki blitz kurang lebih 10 taun dari ane sd
    ane pake kawasaki blitz stabilitas mantap kaga geter, jarak sumbu roda mantep ga buat pegel dan nyaman buat pake harian atau racing mantap
    untuk mesin saya acungkan jempol menurut saya mesin lebih rumit di bandingkan bebek lain tapi tenaga yg di hasilkan mantap
    selama 10 taun saya belum pernah namanya turun mesin meskipun telat oli dan service
    meskipun 110 berani buat nyalip supri 125 dengan catatan lurus dan jaraknya lebih dari 5km
    cukup sekian🙂 maaf bila ada kata-kata yg tidak berkenan di hati agan-agan semuanya

  9. Boomer says:

    Four score and seven minutes ago, I read a sweet areclit. Lol thanks

Leave a Reply

