Moto-Legend: Kawasaki ZXR 750

Posted: 18 February 2012 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , , , , ,

Kiprah Kawasaki di ajang balap Grand Prix memang tidak terlalu menonjol seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Tapi di ajang WSBK, Kawasaki bolehlaah dibilang lumayan. Karena Kawasaki menjadi pabrikan pertama yang menjuarai WSBK dengan konfigurasi mesin 4 silinder segaris (Honda RC30 dan Ducati 851/888 konfigurasinya V4 dan V2).  Sekaligus menjadi pabrikan Jepang kedua yang berhasil menjuarai kontes WSBK pada tahun 1993, alias hanya jeda 5 tahun setelah ajang WSBK digelar (Suzuki butuh 17 tahun dan Yamaha 19 tahun berkiprah di WSBK untuk mendapatkan gelar juara). Dan varian yang meng-“hijau’-kan Kawasaki di ajang WSBK adalah ZXR-750. Varian tersebut sampai sekarang masih menjadi icon bagi fans Kawasaki.

Pendekatan strategi marketing Kawasaki ZXR-750 berbeda dengan Honda VFR750R RC30 dan Ducati 851/888. Bila RC30 dan 851 merupakan motor yang memang dirancang khusus untuk balap dan diberikan headlamp serta plat nomor agar resmi digunakan di jalan raya. Maka ZXR-750 merupakan motor sport murni legal-road, yang bisa digunakan sehari-hari dan bisa dituning agar siap untuk dipakai di ajang balap. Makanya, secara harga ZXR-750 lebih “murah” bila dibandingkan dengan RC30 dan 851. Bahkan, harga sebuah ZXR-750 “hanya” setengahnya harga RC30 dan 851:mrgreen: .Hal ini juga menjadi strategi marketing Kawasaki saat itu. Karena bagi konsumen yang ingin agar ZXR-750 track ready, mereka tinggal membeli part performance dari Kawasaki (dulu mendapatkan part aftermarket tidak semudah  seperti sekarang). Sehingga konsumen yang memang hanya ingin agar ZXR-750 nya hanya untuk wara-wiri, mereka cukup membiarkan tunggangannya tetap standar. Oleh karena itu, pada awal peluncuran ZXR-750, Kawasaki tidak membuat edisi spesial khusus balap.

Kawasaki ZXR-750 generasi pertama alias versi H1, memiliki ciri khas yang tidak bisa dilupakan penggemarnya yaitu Hoover pipe (berfungsi untuk mengalirkan udara ke kepala silinder). Meskipun tidak memiliki fungsi yang signifikan, Hoover pipe memiliki efek meningkatkan kegantengan ZXR-750. Selain itu, ZXR-750 versi H memiliki karakter suspensi belakang yang kerasnya amit-amit. Tapi kerasnya suspensi belakang H1 tersebut memang bertujuan untuk memberikan kemampuan cornering yang baik. Hanya saja karena banyak para rider yang komplain dengan kerasnya suspensi belakang tersebut, Kawasaki akhirnya mengupgrade versi H1, menjadi H2. Dengan suspensi yang sudah “diperlembut”. Sampai varian ZXR-750 ini didiscontinue, Kawasaki selalu melakukan rombakan-rombakan agar semakin diterima para rider. Berikut upgrade dari tahun ke tahun:

1989: Versi jalan raya ZXR 750 dikenalkan ke publik dengan versi H1 yang memiliki shock belakang yang terkenal kerasnya ampun-ampun, fork depan teleskopik 43 mm, tenaga 105 bhp, bobot 205 kg:mrgreen:

1990: ZXR 750 versi H2 diperkenalkan, dengan perbaikan pada kekerasan shock belakang, meskipun masih dianggap tetap terlalu keras bagi para test rider dan ownernya😯 . Sasis dan mesin diupgrade, tenaga menjadi 107 bho, bobot dipangkas menjadi 200 kg.

1991: ZXR 750 versi J dilaunching, Tenaga dibatasi sampai 100 HP karena kekhawatiran munculnya peraturan Emisi di Eropa. Tapi pembatasan power tersebut justru memperbaiki mid range delivery, suspensi depan menggunakan USD Fork plus lebih ringan 5 kg dari versi sebelumnya (195 kg).

1992: ZXR-750 versi K alias ZXR-750R diperkenalkan. Versi K merupakan varian J yang dilengkapi dengan karburator flatside Keihin 39 mm, tangki berbahan alloy, girboks rasio rapat, suspensi full adjustable depan/belakang, single seat, dan lebih ringan 5 kg dari versi sebelumnya “J” (190 kg). Powernya mencapai 121 HP sehingga menjadikannya ZXR-750 dengan power to weight ratio terbaik.

1993: ZXR-750 versi L diperkenalkan.ZXR-750 pertama yang menggunakan RAM-air. Speknya hampir sama dengan versi K, hanya minus flatside karburator dan girboks rasio rapat. Varian ini memiliki suspensi belakang yang lebih lembut dan terbaik dari semua versi ZXR-750.  Tenaganya mencapai 119 hp, serta bobotnya 205 kg.

1993: ZXR-750R versi M diperkenalkan yang merupakan versi balap dari varian L seperti versi K. Spek mesinnya sama dengan versi K, hanya saja versi M dilengkapi dengan RAM-air yang terletak disebelah kiri, adjustable swing arm pivot, dan suspensi belakang yang sama dengan versi J/K. Tenaganya mencapai 121 bhp, serta bobotnya 200 kg.

1996: Kawasaki mengenalkan varian terbarunya yaitu ZX7R yang mengakhiri generasi ZXR 750.

Performa Kawasaki ZX750R diajang WSBK memang cukup lumayan. Setahun setelah diluncurkan, ZXR-750 berhasil memperoleh kemenangan pertamanya di WSBK dengan joki Doug Chandler. Kemudian pada tahun 1993, Scott Russell memperoleh gelar juara dunia pertama dan satu-satunya (sampai artikel ini dipublish) bagi Kawasaki di ajang WSBK. Yak, Scott Russell-lah yang berhasil mempecundangi Carl Fogarty dan Ducati 888. Di ajang WSBK, Kawak ZXR-750 ini memang selalu disebut-sebut bisa bersaing dengan Honda RC30, meskipun harganya yang jauh lebih murah. Tapi bagi para rider jalanan, Kawak ZXR-750 ini masih kalah bila dibandingkan RC30. Alasannya karena RC lebih user-friendly ketimbang ZXR-750 yang suspensi belakangnya kerasnya ampun2:mrgreen: . Biar bagaimanapun, ZXR-750 adalah line up Kawasaki yang sanggup menghijaukan Kawak di ajang WSBK.

Next episode: Suzuki GSX-R 750

Sumber: http://www.visordown.com/features/bike-icon-kawasaki-zxr750/14557.html

Sumber: http://www.motorcyclespecs.co.za/model/kawasaki/kawasaki_zxr750Lr%2093.htm

Sumber: http://www.motorcyclespecs.co.za/model/kawasaki/kawasaki_zxr750h%2089.htm

Sumber: http://homepage.ntlworld.com/webzxr/zxr750r/History/History.html

Comments
  1. Ari CX Rider says:

    kawasaki emang jos dalam meracik m0t0r j0ss

  2. Seri ZXR rata rata memang jozsss krn sdh aplikasi 4 cyl inline DOHC 16 valve . . . Yg seri ZXR 250 juga jozsss dng power 45 hp . . . Beda dng seri ninja yg aplikasi 2 cyl inline DOHC 8 valve . . . Yg cocok untuk touring tp kurang bagus di race . . .

  3. vixy182 says:

    sayang di kejuaraan balap dunia kawasaki meredup sekrg🙂

  4. anharvictor says:

    joss motornya ngeri?

  5. bimo96 says:

    sering liat nih di Komik hehehehe

  6. tampangnya kayak GSXR yah:mrgreen:

  7. gogo says:

    desainnya elegan…

  8. modelnya mirip banget ninja 150 rr lawas🙂

  9. […] Moto-Legend: Kawasaki ZXR 750 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s