Moto-Legend: Honda VFR750R RC30

Posted: 10 February 2012 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , , , ,

Daripada pusing ngomongin kapan KTM Duke 200 atau Bajaj Pulsar 200 NS keluar. Mendingan ngomongin motor-motor legendaris dari jaman baheula. Yah, daripada pusing kalo KTM Duke 200 launching di Indonesia tapi rejeki belum ada trus bikin mupeng:mrgreen: . Wes, dilanjut ngomongin moto-legend-nya episode 1: Honda VFR750R RC30. Apa yang membuat Honda RC30 ini menjadi legend adalah RC30 ini merupakan motor balap pertama yang dibuat sebagai motor legal alias jalan raya. Yups, Desmosedici RR pun harus sungkem dengan mbahnya legal road race bike yang satu ini.

Pada masanya, RC30 ini merupakan motor paling mahal. Dengan harga £8499, harga Honda VFR750R RC30 ini hampir dua kali lipat dari motor kelas sportbike 750cc produksi massal. Tapi bila melihat penampilannya yang keren, mono-arm, single seater, twin headlamps, dan kualitas pembuatan yang sangat baik, rasanya harga segitu cukup “wajar”:mrgreen: . Lagipula performanya juga tidak mengecewakan, dengan kapasitas mesin 748 cc, konfigurasi mesin V-4 90 derajat, liquid cool, tenaganya mencapai 112 HP, dan bobot hanya 185 kg. Sebagai motor balap sekaligus jalan raya, RC30 memiliki segalanya baik tenaga, reliabilty maupun handling. Apalagi gear satunya yang bisa membuat motor ini melaju sampai kecepatan 132 kpj. Sebelas duabelaslaaah dengan BMW S1000RR:mrgreen:.

Namanya motor balap tentunya harus membicarakan sejarahnya di dunia balap. Mungkin sudah banyak yang tahu bila WSBK pertama digelar pada tahun 1988, dan yang menjadi juara dimusim perdana WSBK tersebut adalah Fred Merkel dengan Honda VFR750R RC30. Bukan hanya di kancah WSBK saja, VFR750R RC30 ini juga berhasil menjadi juara di kancah Isle of Man TT bersama Joey Dunlop dan Formula 1 (balap ketahanan alias endurance, cmiiw) bersama Carl Fogarty. Meskipun RC30 terbukti sebagai motor juara dilintasan balap, untuk pasar umum Honda tetap memberikan karakter Honda. Yaitu power delivery-nya yang smooth. Sampai-sampai banyak yang mengatakan, “diatas RC30 seorang biker biasa akan melaju layaknya pembalap setengah dewa.”

Sayangnya Honda menghentikan produksi VFR750R RC30 ini pada tahun 1993. Total hanya 1000 unit RC30 yang dijual di pasar Jepang, 300 unit untuk pasar Amerika, dan 100 unit untuk pasar Eropa. So, the sound of V4 engine, hand built, limited editions, andracing pedigree. Rasanya semakin membuat motor ini semakin layak sebagai bike icon. Next episode Moto-Legend: Ducati 888:mrgreen:

Spek lengkapnya:

Make Model

Honda VFR 750R RC30

Year

1990

Engine

Liquid cooled, four stroke, 90°V-four cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder.

Capacity

748

Bore x Stroke 70 x 48.6 mm
Compression Ratio 11.0:1

Induction

4x 35mm

Ignition  /  Starting

–  /  electric

Max Power

103 hp @ 11500 rpm  (rear tyre 94.8 hp @ 8250 rpm)

Max Torque

53 ft-lb @ 10500 rpm

Transmission  /  Drive

6 Speed  /  chain

Front Suspension

43mm Telescopic forks 140mm wheel travel with preload rebound damping adjustment

Rear Suspension

Pro-link single sided swingarm, preload and rebound damping adjustable, 130mm wheel travel.

Front Brakes

2x 310mm discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single 220mm disc 2 piston caliper

Front Tyre

120/70 V17

Rear Tyre

170/60 V18

Dry-Weight / Wet-Weight

185 kg / 212 kg

Fuel Capacity

18 Litres

Consumption  average

14.8 km/lit

Braking 60 – 0 / 100 – 0

 13.4 m / 35.1 m

Standing ¼ Mile  

10.9 sec / 199.5 km/h

Top Speed

244.3 km/h

Sumber: http://www.visordown.com/features/bike-icon-honda-vfr750r-rc30/14364.html

Sumber: http://www.motorcyclespecs.co.za/model/Honda/honda_vfr750rc30%20%2090.htm

Comments
  1. bimo96 says:

    pertamaxxx😀

    ngeri yaaa 750 cc😀

  2. anharvictor says:

    premium..
    Pertamax di tenggak sama bimo..
    Bengis kang.
    Kpn d masuk kan k indo ney

  3. gaplek mania says:

    sayang masih kalah dari ducati 916.gara2 peraturan yg membolehkan 2 silinder sampai 900cc

  4. gogo says:

    jawaranya TT ternyata.. versi terakhirnya klo g slh RC36 ..

  5. ya2kzzz says:

    dahsyat juragan monoarm-nya..

  6. V4……..mesin eksotis nan kentjang:mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s