Safety Riding: About Spacing

Posted: 31 December 2011 in Safety Riding
Tags: , , ,

Judulnya aneh yooo.. Tapi InsyaAllah ini bukan jebakan betmen:mrgreen: . Yups, spacing alias ruang gerak. Apa hubungannya ruang gerak dengan safety riding?? Hmm.. Dari pengamatan WBS, memang masih banyak biker maupun driver yg belum mengerti tentang spacing atau emang sengaja egois. Karena faktor spacing-lah banyak biker yg tidak sengaja bersenggolan dengan pengendara lain yg berujung insiden fatal, terjadi miskomunikasi antara biker maupun driver yg berbuntut saling menyalahkan, maupun bikin kemacetan dan at the bottom bikin emosi berkendara semakin meningkat. Lho kenapa bisa begitu?? Yah,, karena sekarang ini kondisi lalu lintas semakin ramai, behaviour (perilaku, red) pengendara juga macem2, plus belum ada kejelasan peraturan speed limit di Indonesia. Sehingga menurut WBS, faktor mengerti tentang spacing menjadi salah satu faktor penting dalam kaidah safety riding selain penggunaan safety gear. Nah, WBS mencoba berbagi sedikit tentang Spacing dalam berkendara. Monggo disimak.

First question: dimana saja sih faktor spacing ini paling krusial?? Menurut pandangan WBS setidaknya ada 2 tempat, di U-Turn dan persimpangan jalan alias pertigaan atau perempatan. Yups, pembicaraan mengenai spacing ini biasanya memang melibatkan antara driver dan rider. Seperti kita ketahui ukuran kendaraan beroda empat atau lebih memang lebih besar daripada motor. Oleh karena itu, ruang gerak yg dibutuhkan dari mobil memang lebih banyak makan tempat daripada motor. The problem is, ketika mobil hendak muter biasanya si driver mengambil jarak “ancang-ancang” supaya ruang gerak untuk melakukan U-Turn yang tersedia cukup. Istilah kerennya, “biar sekali dapet”:mrgreen: . Nah, sayangnya jarak “ancang2” ini memang cukup untuk dilalui oleh motor. Dan seperti biasa “dimana ada jalan disitu ada kesempatan” jarak ancang2 ini dimanfaatin oleh biker untuk lewat. Karena ketika situasi ada mobil mau muter, biasanya laju pergerakan kendaraan emang tersendat. Hasilnya, ketika si driver udah mau melakukan manuver U-turn ada si rider yg juga gak sabar lewat yah biasanya terjadi insiden senggolan atau si rider melakukan hard breaking. Buntutnya, baik si driver maupun rider pastinya kesel. Yang paling nyebelin ketika berargumen pake bawa2 status ekonomi atau bekingan😈 . Wow, don’t try this at home. Skenario kedua: si driver melihat si rider gak sabaran dari kaca spion, kemudian memberikan jalan bagi si rider yang gak sabaran gak mau cari perkara biar lewat . Sialnya, ada banyak rider gak sabaran dibelakang rider gak sabaran paling depan:mrgreen: . Yups, akibat dari banyaknya jamaah rider gak sabaran ini jalanan jadi terpaksa macet karena si mobil yg mau muter jadi mandek gak muter2. Esmosi meningkat, imej biker semakin jelek dimata driver atau masyarakat.

Hal yang sama ketika mobil mau belok di pertigaan atau masuk ke jalan utama. Seperti biasa, si driver yang memang secara naluri mengambil ruang “ancang2” tapi ruang tersebut dimanfaatin oleh biker gak sabaran untuk tetap terus jalan atau mungkin memang belum mengerti. Skenario paling umum adalah, ketika mobil udah setengah masuk ke jalur jalan utama, si rider tetap pada lintasannya tanpa memberikan ruang gerak yg cukup untuk mobil menyelesaikan misinya masuk ke jalan utama plus tanpa mengurangi kecepatan (kadang malah sengaja ditambah kecepatannya biar si mobil ngalah). Tapi yang mungkin tidak diketahui adalah ketika mobil mau masuk ke jalan utama, si driver secara naluri menengok ke kanan dan kiri untuk memantau kondisi lalu lintas disekitarnya. Yep, pastinya ada jeda dari arah yg tidak dilihat oleh si driver. Diperparah bila ada angkot yg lagi ngetem, otomatis kadang sebagai pengendara kita tidak tahu ketika ngedahului angkot tersebut ada pengendara lain yg masuk ke jalan. In the end, seringkali terjadi insiden tabrakan di persimpangan atau dari pertigaan jalan perumahan ke jalan utama yang melibatkan antara mobil dan motor. Yups, dari skenario inilah seringkali tetangga ane yg masih abg/baru belajar motor terpaksa meregang nyawa atau yah dapet bonus luka berat. Miris mas bro dan sangat disayangkan. Dua faktor krusial spacing inilah yg membuat banyak para biker melakukan pengereman mendadak yg berujung bisa membahayakan keselamatan pengendara lain. Lalu apa hubungannya “Spacing” dengan speed limit??

Well, seringkali banyak pengendara yang sengaja jalan dengan kecepatan sangat2 lambat di lajur kanan atau agak nengah. Gak mau nyalahin sih, tapi biasanya tersangka utama adalah angkot, metro mini, biker pacaran, ama biker sayang anak. Tapi sialnya si pengendara tersebut dengan sengaja pura2 nggak tahu kalo tindakannya udah bikin pengendara lain dibelakangnya yg pengen buru2 susah lewat. Sumpahin rejekinya telat:mrgreen: . Ujung2nya yah kadang bisa bikin macet juga😈 . Yep, sebagai pengendara yg lain inilah kita jadi kesel bin capek ngeliat tingkah pengendara cuek ini. Belum lagi sebelumnya udah kena macet berjam2 atau lagi kebelet pipis :-D  Anyway apa yg WBS mau sampaikan dari sini adalah, kalo memang pengen pelan2 yah secara sportif biarkan atau mudahkanlah pengendara lain yg lebih cepet untuk lewat. InsyaAllah rejeki lancar.. Amiin:mrgreen: . Ane jadi teringat percakapan dengan mbah buyut (MB) dulu:

MB: “Leh, ojo diri di pintu!!”

WBS: “kenapa tho mbah??”

MB: “nanti rejekine susah leh, susah jodoh mau?? orang laen mau liwat dadi susah, jangan jadi penghalang rejeki orang!!”

WBS: “oh, enjih mbaahhh”:mrgreen:

Last, dua faktor krusial tentang spacing yang WBS sebutkan duluan di atas boleh dibilang merupakan sebuah tindakan peduli sesama pengendara lain. Prinsip ane di jalan melihat dua kondisi tersebut adalah “suatu saat ane berada dalam kondisi yang sama.” Yap, mas bro namanya kita dijalan pastilah melakukan aksi manuver U-Turn maupun masuk ke jalan utama atau di persimpangan. Ane sih selalu pengen kalo menghadapi situasi tersebut lancar2 aja atau dikasih kesempatan ama pengendara lain. So, mengalah alias memberi kesempatan itu lebih baik. Iya tho..:mrgreen: . Lanjut apabila kita melihat U-Turn atau persimpangan biasakan kurangi kecepatan. Kalo dalam situasi tersebut kita tidak bisa memberikan jalan pada pengendara lain tetep kurangi kecepatan sambil klakson. Ingat, “expect the best be prepare for the worse.” Safety first, be smart, keep brotherhood, and as usual respect the others.

Sumber Poto

Semoga berguna🙂

Comments
  1. bapakeValen says:

    nice info bro….
    memang sering ketemu kejadian gitu.
    yg penting ati2 & jaga jarak aja.

  2. anharvictor says:

    sip gan…

    Salut inponya…

    Bener2 jengkel dah kalo yg begitu…
    Dulu waktu belejar sama sopir lawas,,, nyetir aku di wanti2
    leh lek numpak mobil ojoke mepet2 kek ono jarak palenggak 5 meter an

    tapi sekarang jarak aman berkendara sudah susah dicari…

    Bahkan akir2 ini bayak teknik overtek di ruang kosong jarak aman… Kang

    aku juga keinget sama bokap dulu… Ketika bengal naek motor,,, slidat2 slidut2 kiri kana…
    Eh bokap cuma bilang dikit aja…

    Kamu bakalan nyadar kalo kamu bisa nyetir.. Numpak mu gak bakalan koyok ngunu maneh…

    Aku sih gak percaya… Tapi apa emang bener,,, bokap bilang ketika uda bisa nyetir r4,,, jiah naek motornya gak bisa kayak dulu lagi…

  3. bimo96 says:

    jaga jarak , awas gandengan !!😀

  4. prolink_27 says:

    Lek dis gan… xixiiixixi
    apalagi di 2012,,, kendaraan roda 2 dan 4 byk banget,, mesti ya pada rebutan jalan.. koyo dalane mbahne dewe

  5. andhi_125 says:

    artikel bagoos nih masbro…

  6. vixy182 says:

    bener banget bro…yg kaya gini sering kita temuin di jalan.

  7. gogo says:

    begitulah.. memang perlu kesadaran dan kesabaran mumpuni.

    “jangan menghalangi rejeki orang” nice quote..

  8. azizyhoree says:

    siph manteb! 🙂

    #tuh yang selap-selip kebanyakan main game di PS kayaknya:mrgreen:

  9. mantep bener semoga berguna

  10. GMC says:

    ajib bro..mampir bro

  11. Emmly says:

    Frankly I think that’s ablsluteoy good stuff.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s