6 Tim terbaik NBA setelah Era Shaq&Kobe

Posted: 23 December 2011 in Louder than a Bomb
Tags: , , , , ,

Mungkin bro&sis bertanya2,, kenapa juga harus LA Lakers era Shaq-Kobe?? Sangat jelas kok bro,, memasuki era milennium baru LA Lakers dgn Shaq-kobe lah yg sukses meraih gelar Three-Peat. Bahkan kalo saja Kobe nggak terkena kasus skandal perkosaan, bukan tidak mungkin Lakers bisa meraih 4-peat atau mungkin saja 5-peat. Kombinasi kematangan center dominan Shaquille O’Neal dgn guard muda paling berbakat Kobe Bryant plus pelatih gaek Phil “Zen Master” jackson menjadikan tim ini paling dominan dimasanya. NBA.com sendiri pernah memasukkan LA Lakers era Kobe-Shaq sebagai salah satu dari 5 tim terbaik NBA sepanjang masa. Tentunya setelah Chicago Bulls era MJ-Scottie yg memiliki rekor belum terpecahkan 72 kemenangan di NBA Regular Season.

Selain kombinasi Shaq-Kobe-Phil Lakers masih diperkuat oleh pemain2 veteran dan bench dengan chemistry yg mengejutkan. Sebut saja, Horace Grant, Glen Rice, Rick Fox, John Salley, Robert Horry, Brian Shaw, dan Derek Fisher. Tidak diragukan lagi, LA Lakers era Shaq-Kobe merupakan one of the greatest team. Lalu bagaimana setelah era tersebut?? Tim2 mana saja yg layak menyandang gelar tim terbaik?? Monggo disimak:

1. Boston Celtics 2008 & 2010

Mungkin pada bingung, gua yang seorang penggemar fanatik Kobe dan Lakers menempatkan Boston Celtics sebagai peringkat pertama tim terbaik. To be faired, pada awal Danny Ainge yg sukses melakukan blockbuster trade untuk mendatangkan KG dan Sugar Ray (Ray Allen, red:mrgreen: ) ke TD Banknorth Garden, gua termasuk yg meragukan bahwa tim Celtics ini akan sukses. Tapi setelah menyaksikan salah satu game The New Big Three&Celtics keraguan itu langsung gua tepis. Chemistry antara Paul Pierce-Kevin Garnett-Ray Allen-Rajon Rondo-Kendrick Perkins-dkk memang sangat2 luar biasa. Pergerakan bolanya yg dinamis dan sangat entertainment untuk dilihat. Melihat Celtics vs Kobe&Lakers di final. Gua terpaksa menelan pil pahit dan mengakui bahwa “this team is deserves to win the championship.” Bagaimana mungkin tim ini langsung matang sejak kedatangan KG dan Ray Allen?? Doc River dan kedewasaan para pemainnyalah yg membuat semua itu mungkin:mrgreen: .

Sebenarnya alasan lain yg membuat gua meletakkan Celtics ini diperingkat pertama adalah karena tim ini memilliki karisma bench player yg tidak dimiliki oleh tim manapun. Bahkan oleh tim2 yg pernah disinggahi oleh Robert Horry. Boleh dibilang this is a true team setelah gue mulai mengenal NBA. Sekedar catatan, diantara The Big Three tidak ada yg bermain dengan mencetak diatas 20.0 PPG dan lebih dari 36 MPG. Tanpa peranan pemain bench yg hebat, rasanya hal itu sulit didapat. Yep, tanpa James Posey, Eddie House, PJ Brown, Sam Cassel, dan Glen “Big Baby” Davis Celtics belum tentu memenangkan gelar pertamanya setelah era Larry Bird. Bahkan kalo saja kendrick Perkins tidak cedera di game 6 melawan Lakers, mungkin saja Celtics’10 bisa mempecundangi Lakers lagi. Yups, The New Big Three have had the same nemesis like the Bird one. Old & Injury😦 .

2. San Antonio Spurs 2003-2009

Nggak adil rasanya  bila Tim Duncan & Spurs tidak dimasukkin ke sini. Gila aja kalo nggak:mrgreen: . Simpel, tim ini memang bermain untuk juara tanpa banyak  “show-off.” Tapi justru itu yg membuat gua meletakkan di peringkat kedua. Agak membosankan menyaksikan pertandingan San Antonio Spurs. Satu2nya hiburan paling2 ketika Tony parker melakukan penetrasi dan mengakhiri serangan dgn tembakan “tear drop.” Sisanya agak2 menjengkelkan kalo ngeliat Manu Ginobili melakukan acting job-nya😈 . I hate this team. But still, if we talked about championship team. Tim ini adalah mercusuarnya. Kombinasi dari seorang unselfish superstar&leader Tim Duncan, Pelatih gaek Gregg Poppovich, Speed dari Tony Parker, kreativitas Ginobili, dan kontribusi bench payersnya menjadikan tim ini sbg salah satu tim yg disegani di NBA. 3 kali juara setelah era Shaq&Kobe adalah bukti nyata. Oh ya, jangan lupa peran pemain defender andalan mereka yg sukses menghentikan Kobe Bryant, LBJ, Steve Nash, dan Jason Kidd. Yep, Bruce Bowen.

3. Detroit Pistons 2004-2008

Bila kita berbicara good chemistry vs great combo players. Tim inilah referensinya. Melawan LA Lakers yg diperkuat Shaq-Kobe-Malone-Payton alias dream Lakers Team, Pistons berhasil mempecundanginya. Yep, meskipun banyak yg menyebut Pistons era Chauncey Billups-Ben “Big Ben” Wallace-Rasheed Wallace-Richard “Rip” Hamilton-Tayshaun Prince hanya beruntung karena chemsty dari Lakers sedang buruk. Justru membuktikan chemistry is everything (watch that ‘Bron:mrgreen: ). Ehemmm, sampai tahun 2008 tim solid ini masih menjadi momok bagi tim2 timur, karena Detroit selalu konsisten tampil di final wilayah timur. Sama kuatnya dengan Pistons era Isiah Thomas-Bill Laimbeer-Joe Dumars-Dennis Rodman. Yep, tidak ada tim timur yang sanggup menjadi juara NBA sebelum mereka berhasil mengalahkan Pistons di final wilayah. Sehebat itulah Detroit Pistons era Billups-Wallace.

4. Miami Heat 2006

Another true team, defensive minded but entertaining. Yep, combo antara Shaq&Wade mengingatkan kita pada era kejayaan Shaq&Kobe. Hanya saja Wade bermain lebih dewasa plus lebih matang dalam duetnya bersama Shaquille O’Neal daripada Kobe Bryant. Hasilnya menakjubkan. Tambahan pemain2 veteran seperti Gary Payton-Antoine Walker- Jason Williams semakin membuat tim ini menarik untuk ditonton. Nggak pernah bosen deh ngeliat game ke 6 NBA Finals melawan Dallas Mavericks. Apalagi setelah center gaek Alonzo Mourning kembali aktif dan memperkuat Heat dalam misi NBA Championship. Wooowwww, blum pernah ada team dgn defensive minded yg enak ditonton selain Miami Heat ’06. Ditambah sumbangan rebound dari Udonis Haslem yg berhasil membuat Nowitzki tak berkutik di NBA Finals 2006. This is one of the best team. Sayang problem injury setelah juara menyerang tim ini. Yep, hanya setahun Miami Heat menyandang gelar tim meankutkan dari wilayah timur😦 .

5. Dallas Mavericks

Mengejutkan. Unpredictable. Tim ini seolah melawan gravitasi dengan mematahkan segala prediksi miring dari pengamat2 NBA. Terutama ketika menghadapi playoff. Tidak ada satupun pengamat yg memprediksikan Dallas akan juara sebelum babak playoff berlangsung. Mereka hanya membicarakan Lakers dan Miami Heat. Tapi setelah Dirk dkk melawan Portland, mengeliminasi Kobe&Lakers, mengalahkan kumpulan pemuda dari Oklahoma, semuanya cuma bisa terkejut. Surprising, tidak ada yg menyangka Jason Kidd berhasil menjaga guard2 lawan yg lebih muda dan cepat. Peja Stojakovic, JJ Barea, dan Jet Terry memberikan sumbangsih luar biasa dari bangku cadangan dan area perimeter. Dan on top of that, credit tertinggi harus diberikan kepada Dirk Nowitzki. Yep, permainan post dan perimeternya berada dalam kondisi puncaknya. Ditambah kemampuan playmakingnya semakin membuat Dallas Mavericks sebagai tim terkuat di babak playoff 2011.

Well, siapa yg menyangka sebuah tim yg mengandalkan permainan perimeter bisa lolos dari final wilayah. Perfection dari pergerakan bola adalah secret ingredient-nya. Jarang2 permainan berporos tembakan2 tiga angka menarik untuk dilihat. Tapi permainan Dallas dibabak playoff sangatlah berbeda. Andai saja Steve Nash berada di tim ini😦 . Sayangnya lineup juara tersebut harus berakhir. Yep, Tyson Chandler sbg anchor defense ditrade ke NY Knicks. But still, Dallas Mavericks 2011 is one of the best team.

6. LA Lakers 2009-2010

Kobe-sentris itulah alasan gue memasukkan Lakers diperingkat ke-6. Yes, betul bro&sis Lakers era Kobe-Gasol memiliki starting lineup paling dahsyat. Bila ditambahkan dengan Lamar Odom, tim ini memiliki 6 pemain handal. Tapi ya itu tadi, bila membandingkan dengan old nemesisnya Boston Celtics era The New Big Three. Lakers era Kobe-Gasol ini agak kontras. Karena tim ini tidak terlalu memiliki gereget karisma bench players seperti Shrek&Donkey dari tim hijau (Big Baby-Kryptonite). Yep, inilah yg menyebabkan Kobe-Gasol harus bermain heavy-minutes alias diatas 40 MPG dibabak playoff. Akibatnya, meskipun Lakers berhasil meraih gelar re-peat alias back-to-back championship. Lakers menghadapi musim 2011 dengan compang camping.

Buat gue, Lakers era Kobe-Gasol berada dikondisi puncak pada musim 2009. Apalagi masih ada tervor Ariza yg atletis. I Love this teams. Yep, dimusim itulah kita melihat peran pemain bench dari Shannon Brown, Sasha Vujacic, dan Josh Powell berkontribusi di regular season.  Sisanya, it’s all about Kobe-Gasol-Lamar-Bynum and Fisher. Tapi sebuah bukti bahwa Cleveland Cavaliers yg LeBron-sentris tidak berhasil meraih juara, credit tetap harus diberikan kepada Kobe&the Purple teams. Yups, kehadiran Kobe Bryant-lah yang membuat Lakers tetap menjadi salah satu tim yg dominan di NBA. Sorry, buat penggemar LeBron James. Kobe sudah memiliki cincin yg cukup untuk seluruh jarinya disatu telapak tangan (tinggal pilih mau kanan/kiri, red:mrgreen: ).

Itulah tim2 terbaik NBA dari pengamatan WBS. Mau setuju atau nggak itu pilihan. Sebentar lagi Shortened-Regular Season (66 games) 2012 akan segera dimulai. Unpredictable itulah gambaran awalnya. Kita tidak tahu apakah kepindahan Chris Paul-Chauncey Billups ke Clippers akan menjadikan tim ini sbg one of the best teams?? Atau mungkin NY Knicks yg diperkuat Point Guard Deron Williams dan Center Tyson Chandler untuk melengkapi line up dahsyat bersama Carmello Anthony-Amare Stoudemire akan berhasil?? 5 words, Welcome to Another Greatest Season. 2012🙂 .

Comments
  1. ya2kzzz says:

    saya nggak tahu basket tapi ikutan nimbrung disini saja..:mrgreen:

  2. bimo96 says:

    cukup komen aja,,,ulasan yang baguzzzz

  3. aris says:

    coba ulas tim2 terbaik dari masa dulu sampai sekarang..
    saya pengen tau tim apa yg terbaik menurut pendapat anda..
    menurut saya 3 tim terbaik spanjang masa adalah celtic era 60an, lakers era 80an, dan bulls era 90an.. dan menurut paling mantab adalah bulls era 90an (michael jordan) masih yg terbaik sampai saat ini..

    • hehe.. saya emang gak ngebahas tim terbaik sepanjang masa kok.. buat saya terlalu berat untuk menentukan tim terbaik sepanjang masa.. mengingat NBA itu dinamis setiap tahunnya, mulai dari peraturan2, charging permission, teknologi kedokteran, practising, maupun sepatu2nya.. Semuanya terlalu complicated.. Makanya saya membatasi judul dengan tim terbaik setelah era Shaq-Kobe.. thanks atas komentarnya.. salam kenal

  4. frankenstein says:

    Kok team
    Bulls,washington wizzard,gold state warrior nggk masuk kategori itu sih
    Lakers vs bulls win bulls
    Lakers vs washington win washington
    Lakers vs warrior win warrior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s