Potential Buyer R2 Injeksi di Season Kedua

Posted: 6 December 2011 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , , ,

Yep, Kemaren2 WBS udah ngomongin prediksi strategi Perang Mindset Injeksi (PMI) season pertama dan kedua ama Kesiapan masyarakat menerima injeksi. Sekarang saatnya untuk ngomongin segmen market mana yg akan lebih mudah dipengaruhi oleh kehadiran injeksi ini. Well, di artikel PMI II ane menyebutkan bahwa semakin ke depan segmen pembeli R2 semakin bias, IMHO bias disini maksudnya segmen R2 bukan lagi terlalu menyasar menengah-bawah/menengah-atas. Tapi lebih mengarah ke karakter alias kepribadian dari si pengguna/calon konsumen R2 itu sendiri. Semua berkat menjamurnya lembaga finance. Lihat aja sekarang, tukang kerupuk, satpam security, OB, bahkan petani di desa udah banyak yg miara splitfire alias Vixion maupun Tiger. Tapi gak jarang jg, level sekelas manager ato yg udh punya gaji “wah” naeknya “cuma” Vario, BeAt, ato Mio. Jadi udah gak jamannya lagi bilang, “seng numpak mongtor kui wong miskin😉 .” Hati2 dlm menjudge pengendara motor, siapa tau malah bupati yg lagi naek C90. Betul apa betul:mrgreen: . So, siapakah potential buyer R2 injeksi di season kedua ini?? Monggo disimak:

1. Newcomer Motorist

Seperti yg pernah ane bilang sebelumnya, kalo mulai tahun 2005 terjadi pergeseran aktivitas mobilitas dari yg biasanya naek mobil, baik pribadi maupun angkot/biskota jadi naek motor alias R2. Makanya semakin kesini, kita semakin sering ngeliat anak2 sekolah/kuliah, om2/tante2 yg biasanya bawa mobil pribadi/naek angkot, dan lady biker yg bikin ane ngelus celana karena ngeliat pake rok mini naek Vixion baru menjadikan motor sbg sarana wara-wiri yg utama alias newcomer motoris ibukota. Dan bolehlaah ane sebut merekalah salah satu potential buyer injeksi R2 di  season kedua ini, dan justru itu pasarnya sangat2 gemuk. Kenapa??

Sebagai newcomer, pastinya mereka mencari/membeli motor yg memang kriteria utamanya, desain ciamik, irit BBM, easy to ride, minim perawatan, plus harga murah. Singkatnya seng penting praktis dinggo orah mogok2 neng ndalan plus uapiikk tampilane, tinggal isi bensin nyampe:mrgreen:. Sebagian newcomer macem anak sekolah/kuliah jg menjadi dampak dari ortu bijak. Bijak karena mereka membelikan motor buat anaknya yg sesuai kebutuhan dan tentunya rasa sayang takut kenapa2 kalo ngebeliin anaknya motor kenceng, macem FU dll. Pasarnya gemuk karena setiap hari segmen ini selalu berkembang😉 .

2. Middle-Aged kalo gak mau dibilang om2/tante2:mrgreen:

Kriteria middle-age agak unik, karena faktor emosional mereka membeli R2 murni fungsionalitas. Yep, buat mereka desain ciamik nggak terlalu penting (takut disangka anak muda ntar selingkuh lagi:mrgreen: ), yang penting adalah irit BBM, low maintenance, dan muat banyak (anak/istri/barang bawaan). Top speed?? Gak ngaruh blasss buat yg selalu ingat anak/istri/suami di rumah, cuma ngaruh kalo bangun kesiangan telat ke kantor😀 .

3. Melek Teknologi/Lazy Boy

Yang ini super unik dan rasanya gak perlu dipengaruhin:mrgreen: . Buat mereka injeksi udah cukup tau keunggulannya dari media informasi tentang kemudahan perawatan dan konsumsi BBM-nya yg irit. Jadi yg penting buat mereka adalah desainnya paling keren. WBS sendiri mengakui termasuk golongan sesat ini. Meskipun seneng dengan dunia yg berbau otomotif, IQ mekanika permesinan WBS termasuk sangat2 idiot:mrgreen: . Makanya di otak WBS, ngerawat splitfire cukup 2-3 bulan sekali service ringan + ganti oli. Ganti oli sendiri dong?? wuaduhhh, Jakarta makin kebanjiran nanti😀 .

Memang dalam penulisan artikel ini tidak dilengkapi dgn data statistika yg akurat dari Badan Pusat Statistik (BPS). Apa yg menjadi dasar pemilihan potential buyer tersebut berasal dari hasil, hang-out bareng temen, arisan keluarga, nongkrong di warung nasi uduk, nangkring di pos satpam, dll. Yep, semua berasal dari hasil wawancara di dunia nyata yg tidak seindah dunia sinetron:mrgreen: . Dan menurut pengamatan ane didunia nyata, lbh banyak org yg ogah repot ngerawat motor daripada yg ngoprek mania, so for the future praticallity is number one. Nah, Apakah skutik injeksi jadi jawaban paling tepat buat para newcomer motoris/middle-age/lazy boy di ibukota??

Ohhh,, juelasss, berdasarkan pengalaman miara splitfire yg gak ada istilah bersihin karbu karena kebanjiran. Injeksi adalah pilihan tepat buat mereka yg ogah repot ngerawat motor. Dan skutik merupakan pilihan terbaik mengarungi lautan kemacetan di ibukota. Harapan WBS, skutik injeksi menjadi solusi dari keborosan skutik karbu. Lagi2 dari pengalaman sulitnya ngebawa BeAt karbu biar irit:mrgreen: . Nah, toss salute harus diberikan kepada Honda yg udah menyerang dgn Spacy injeksi dan SuSi helm-in. Boleh dibilang, kalo saja nanti Duke 200 tidak dihargai 25 juta.. lho..lho.. ngelantur.com ane sendiri kesengsem pengen punya juga Spacy injeksi:mrgreen: . Inilah motor yg paling reasonable utk dibeli buat para newcomer motoris/middle-age/lazy boy ibukota saat ini. Tapi liat Mio J dulu jg kali yaa😉 . Kan selisih 250 rebu ama versi karbu?? Hmmm,, karena ini di Jabodetabek yg efek inflasinya lbh terasa daripada sorry menyorry bkn maksud meremehkan di daerah. Rasanya selisih 250 rebu bkn masalah besar. Bagaimana dgn imej injeksi yg udah jelek diawal zaman?? Sekali lagi tinggal pinter2nya para wiraniaga mempengaruhi emosi calon kastamernya?? Iya tho..

Sekarang tinggal bagaimana Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Piaggio dll utk maen2 ama Honda di PMI season kedua ini. Supaya kita sbg konsumen semakin banyak pilihan dan semakin lebih dapet value-nya dgn reasonable price😉 .

Gimana menurut mas bro.. Monggo komentarnya🙂

Comments
  1. cafebiker says:

    yang penting banyak pilihan dan semakin murah🙂

  2. Ya2kzzz says:

    yang enak dapet jaminan kalau ganti sparepart murah..asololeeey..🙂

  3. baca dulu ah … 😀

  4. mas wahyu says:

    Aq udah beli injeksi

  5. andhi_125 says:

    pingin liat nih yang disensor, pake rok mini nunggang vixie…😆

  6. vixy182 says:

    injeksi emank top…sesuai sama kantong ane…🙂

  7. bimo96 says:

    aku belum punya injeksi

  8. uDien D'kab says:

    manteb ulasannya euy …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s