Seberapa Siap Siy Masyarakat R2 RI dalam Menghadapi Era Injeksi??

Posted: 2 December 2011 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , ,

Injeksi lagii.. Injeksi lagiii..😉 . Yah, inspirasinya memang lagi disitu. So, demi kesehatan otak kiri yoo dituangkan saza:mrgreen: . Anyway, era injeksi yang bolelaah dibilang udah didepan mata, sudah dimulai jamannya pengabutan R2 diatur ama sensor ECU, meski bukan berarti karbu udah ketinggalan jaman. Nggak, tapi memang sudah eranya maen2an laptop buat utak atik motor, untuk pencerdasan dan peningkatan daya saing juga toh thd mekanik2 Indonesia yg terkenal dgn keberanian akal2annya dan penghargaan thd masyarakat Indonesia jg laahhh, mosok kalah ama negara tetangga yg merdekanya belakangan:mrgreen: . Nah, sudah seberapa siap sih masyarakat R2 RI menghadapi era injeksi ini?? Sebelum dijawab, ada baiknya menyimak gallery berikut. Mohon maaf kalo seenaknya ngembat foto ybs. Tapi ini dilakukan sok for scientific reason:mrgreen: .

Berkaca pada gallery diatas, sebenarnya injeksi udah cukup lama jg yak nangkring di negara tercinta ini. Melihat koleksi Mercedes Benz 300 SL BJ Habibie berarti perkenalan injeksi thd masyarakat Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1950-an. Dan sebetulnya, fenomena injeksi masuk desa pun sudah cukup lama, puluhan tahun malah. Yah, pokoknya selama desa/dusunnya bisa dilalui ama truk engkel atau L300. secara gak langsung sudah dimulailah perkenalan injeksi di desa/dusun tadi. Nah, berkaca dari situ, kita semua tahu rata2 truk engkel dan L300 bermesin diesel, dan diesel itu udah pasti injeksi ‘kan. Tinggal kita tanya ama diri sendiri, seberapa sering sih engkel ama tuh L300 masuk beres?? Wuahaha, kayaknya jarang deh:mrgreen: . Jadi, yah kalo dipikir2 masyarakat R2 Indonesia pasti siap2 saja ama “kang injeksi.” Apalagi, ngeliat foto2 diatas dimana Vixion udh mengalami pergeseran segmen. Dari yg dulunya menengah-atas, boleh dibilang skrg lbh mengarah ke menengah-bawah. Kalo menengah atas, biasanya lgsg beli CBR 250 atau N250. Berarti sekarang tinggal bagaimana pinter2nya para ATPM mengedukasi garda depannya alias sales dulu. Betul apa betul??😉 .

Yep, IMHO melalui para saleslah informasi lebih cepat sampai ke masyarakat. Memang ada teknologi informasi, macem situs2 internet kayak blog2 yg udah menjamur. Tapi melalui sales, informasi injeksi harusnya lebih cepat kena sasaran karena lebih memungkinkan kommunikasi dua arah. So, ATPM yg paling cuanggih dalam mentraining salesnya utk penetrasi injeksi juga merupakan amunisi ampuh menghadapi season kedua ini. Apa aja yg bisa dijadikan selling point utk menepis kisah horor tentang injeksi. Berikut WBS coba men-share base on true story miara splitfire 4 tahun, tapi berlaku kok untuk semua plat, mau plat “H”, “Y”, “S”, ato “K”, pokoknya yg penting injeksi:mrgreen: :

1. Image Injeksi yg Udah Salah

Ane sendiri mengakui, waktu pertama punya V-ixion yah mindsetnya sama aja dgn yg lainnya. Khawatir kenapa2 dijalan trus gak ada bengkel yg ada FI-DTnya, harus pake pertamax yg mahal itu😦 , dll. Jujur aja semua karena kepolosan WBS (maklum motor pertama:mrgreen: ) dan rasanya peran para FB (dulu belum nyadar kalo itu ternyata tukang BC😳 ) saat itu cukup mempengaruhi kewarasan ane😡 .Faktanya, untuk apa takut kenapa2 kalo memang nggak akan apa2😀 . Justru dgn injeksi malah lbh minim perawatan dan aman (gak perlu bersih2 karbu ato gak ada istilah “kebanjiran”). Dua kali jatoh ane jatoh bareng splitfire, Alhamdulillah ECU-nya msh baik2 saza #orgIndonesiaselalubersyukur:mrgreen: .

2. Harus Pertamax

Faktanya, setelah 4 tahun make splitfire alias Vixion ane gak pernah tuh ngalamin engine ngadat gara2 injektor mampet walopun ngisinya pake pure premium ato premium + pertamax. Yah, kan WBS belinya di SPBU terus, kalo belinya di eceran gimana dong?? Yah, jangan beli bensin eceran yg memang gak ketauan murni apa nggaknya:mrgreen: . Hehe, sorry maksudnya gini, kita harus ngeliat ke depan, ane sendiri sekarang melihat kalo pertumbuhan SPBU cukup pesat. Walopun kalah pesat dari Alfamart ato Indomaret yg pertumbuhannya sekedipan mata, hari ini di lokasi A blon ada tau2 bangun tidur udah ada Indomaret di depan mata #lebaymodeon. Yang penting jgn sampe bensin kosong di tangki kelamaan.

3. Sparepart yg Lebih Mahal

Wah, kalo ini mungkin WBS yg mengada2. Karena R2 di Indonesia aslinya punya kelebihan dibanding negara lain. Tak lain tak bukan, apalagi kalo bukan part substitusi. Tapi kalo part aftermarket yg mahal, WBS cuman bisa bilang ke depannya pasti lbh banyak produsen yg nyuplai so kemungkinan harga part tsb bisa lbh murah #entahkapan#:mrgreen: .

4. Konsumsi BBM 11-12 tuh ama Karbu

Betul, 100 buat mas broo. Keunggulan “irit” dari injeksi sendiri baru bener2 berasa dengan perlakuan tepat. Kalo asal nge-gas bleyer yah faedah iritnya memang samimawon ama karbu. Tapi, fakta adanya perpaduan throttle response sensor (TPS) dan ECU yg mantau suhu lingkungan utk menghasilkan pembakaran yg lebih efisien sekitar 10-15 % dari karbu. Rasanya boleh dibilang lumayan daripada lumanyuun. Apalagi klo regulasi Euro3 mulai berlaku. #ngebayanginbajajktminjeksidualspark iritnya kayak apa yak?? sekarang aja udh irit.

Berhubung IQ WBS yang memang jongkok. So far ane baru nemuin 4 selling point dan fakta sesat tentang injeksi di R2 RI. Mungkin mas bro ada yg mau nambahin ato mungkin mengkoreksi. Monggo silaken🙂

Comments
  1. pertamaxx.
    Haruse yg siap2 itu mekaniknya. Hehe

  2. Ya2kzzz says:

    siap nggak siap.. yang penting siap.. nah loh..:mrgreen:

  3. uungferi says:

    kayaknya masih belum siap dech,…. soalnya pas dulu ane pernah diundang peluncuran supra injeksi pertama bareng mekanik juga para mekanik maish kebingungan dengan peralatan mereka,,,, yag ujung ujungnya adalah modal

  4. bimo96 says:

    insyaallah siap … beli dulu produk karburator yg baru sebelum musnah digantikan oleh injeksi😀

  5. […] Seberapa Siap Siy Masyarakat R2 RI dalam Menghadapi Era Injeksi?? […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s