Perang Mindset Injeksi I,, Siapa yg Menang??

Posted: 29 November 2011 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , , ,

Judulnya biasa banget yak:mrgreen:. Yah, mudah2an isinya tetep beda dgn yg lain. Yep, sebenernya ini terinspirasi juga dari artikelnya bro HRM ama Cafebiker about genderang Perang Mindset Injeksi (PMI) yg bergema kembali. Memang sih, kita semua pasti penasaran kenapa penjualan V-ixion bisa moncerr tapi kok penjualan Supra X PGM-FI gak terdengar gaungnya. Padahal di awal era injeksi, Supra PGM-FI lah first movernya. Well, setelah melakukan bolak balik perenungan dan semedi di Gua Jongkok alias We Se (mencret broo :mrgreen:), mengubek-ubek majalah maksiat lama, maen skateboard di halaman rumah mbah google. akhirnya ane mendapatkan wangsit. Bahwasanya Honda saat itu melakukan kesalahan fatal dalam strategi perangnya. Apa kesalahannya?? monggo disimak

Teknologi injeksi pada motor R2 pertama kali di Indonesia dikenalkan pada tahun 2005 dari honda Supra X PGM-FI dan tahun 2007 dari Yamaha V-ixion. IMHO, pada tahun 2007 ke bawah tersebut segmen market masih sangat jelas alias belum bias seperti sekarang. Pada tahun2 segitu, segmen bebek yah memang mengincar kalangan menengah-bawah. Sedangkan sport batangan memang khusus untuk menengah-atas. Disinilah letak kesalahan Honda, dimana lagi2 IMHO memperkenalkan injeksi pada segmen bebek adalah sebuah kesalahan pada masa itu. Apalagi dengan harga yg lebih mahal plus performa yg lebih inferior dari kompetitornya Yamaha Jupiter MX seolah menambah dosa Honda thd “SuSi”. Berkaca pada kesuksesan V-ixion yg tetap terasa sampai sekarang, ane patut mengacungi jempol terhadap divisi marketing Yamaha. Buat ane memperkenalkan teknologi “canggih” injeksi harusnya memang dari kalangan yg memang sudah agak “ngeh” dgn injeksi. Baru kemudian menyebar ke segmen dibawahnya😉.

Pada periode 2005-2007 memang sedang mulai terjadi pergeseran aktivitas berkendara dari yg biasanya bawa mobil beralih ke naik motor. Yep, seolah tepat waktu dan tepat sasaran Yamaha meluncurkan varian barunya Yamaha V-ixion yg sudah mengusung teknologi injeksi. Sebuah teknologi yg memang sudah jamak alias biasa di dunia permobilan pada kala itu. Meskipun pada segmen menengah-atas belum tentu jg semuanya punya mobil. Tapi, soal injeksi sudah pasti merasa bukan barang baru. Karena pada segmen tersebut, mengkonsumsi media cetak dan elektronik adalah hal yg biasa. Dari sinilah kita melihat ketepatan penetrasi Yamaha dalam memperkenalkan injeksi utk varian roda 2 sekaligus dimulainya MIW season pertama antara Yamaha vs Honda.

Kehadiran Vixion memang fenomenal, positioning harga yg tepat 11-12 dari Megipro namun dibawah SiTi ditambah desain yg luar biasa fresh dan keren, semakin mempermudah Yamaha dalam debut penjualan varian injeksinya. Memang, kala itu terjadi permasalahan dgn lamanya inden tapi dengan dalih Yamaha bahwa target penjualan “cuma” 10.000 unit/tahun menyebabkan daftar inden yg panjang dan mewarnai pemberitaan media terasa wajar. Berdasarkan pengalaman ane sebagai salah satu dari ratusan ribu pemilik V-ixion. Ane juga sering mantau perkembangan dari V-ixion itu sendiri, biasanya lewat forum-vixion memang banyak yg mengeluhkan kalo vixion sulit utk dioprek, banyak pantangan, konsumsi BBM 11-12 dgn kompetitornya “megipro” yg msh karbu, takut kenapa2 kalo ditengah jalan trus gak ada bengkel yg punya FI-DTnya. Wah, pokoknya banyak yg nyesel karena beli V-ixion. Entahlah, mungkin jg termasuk salah banyak dari ulah kaum FBH. Ane sih bukan termasuk yg nyesel wong gak ada modal buat ngoprek #mahasiswarantaumodeon:mrgreen:.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak modifikator kreatif baik itu yg sifatnya mekanis maupun yg elektronis, semakin banyak part kompetisi alias aftermarket yg murah, akhirnya banyak jg yg ngerasa punya V-ixion is not that bad. Menjelang 5 tahun kehadiran V-ixion, boleh dibilang memang kualitas injektor vixion cukup handal. Meskipun ane kadang ngisi pake bensin campur (premium+pertamax) atau murni premium, injektornya so far so good. Hasilnya, sampai artikel ini dipublish menurut Kompas.com Yamaha menguasai pasar injeksi dengan market share sebesar 85,45 % (V-ixion) disusul Honda 6,27 % (Supra X125 PGM-FI). Sisanya dibagi oleh merk dan tipe lain. So, boleh disimpulkan kalo pemenang PMI I adalah Yamaha.

Kemenangan Yamaha tak lepas dari ketepatan penetrasi pasar dan positioning harga, serta serangan media cetak dan elektronik. Kenapa ane sebut dgn PMI season pertama?? Tak Lain dan Tak Bukan, karena pada season pertama ini dimulailah tahap penjajakan sekaligus perkenalan varian injeksi dari 2 ATPM superpower di Indonesia. Lalu bagaimana dengan season II?? Apa yg dimaksud dgn PMI season II?? Well, untuk kesehatan mata sebaiknya ane partisi jadi dua bagian. monggo diklik artikel kelanjutannya:mrgreen:

Btw, gimana menurut mas bro.. monggo komentarnya😉

Comments
  1. mas wahyu says:

    Vixion,motor injeksi yg sudah merakyat

  2. bimo96 says:

    mungkin honda yg menang😀

  3. mbr666 says:

    handal, ulasannnya mas brooo….

  4. cafebiker says:

    wes jiann manteb juragan bakso iki🙂

  5. Ya2kzzz says:

    mangtaff juragan bakso…vixion memang handal..hadirnya disaat yang tepat..🙂

  6. yamaha deh kayaknya😉

  7. dowey says:

    nunggu mio injeksi, karena faktor harga yg menentukan…
    soale konsumen kebanyakan taunya harga murah, model yahud, bisa minum bensin miskin… laris dah tuh…
    gak perlu tau yg namanya bikin awet mesin… diasil, forged apalah namanya mereka gak mau tau…

  8. bapakeValen says:

    setelah sekian banyak artikel soal injeksi yg lebih condong ke honda, baru ini artikel yg “memihak” yamaha…😀

    orak ngompori lho.. motorku yo honda kok…

  9. anharvictor says:

    agar langit kita semakin biru?dan teknologi ini adalah keharusan?

  10. logisnya, Megapro dan Tigerlah yang harusnya dijadikan injeksi dulu, bukannya motor entry level ato bebek mediokernya

    memang benar hal itu😀

  11. Hourex150L says:

    Jozzz sak Pooollle,, Hidup injeksi.. Hidup Motor IRIT..

  12. waakakkka, belum tentuu:mrgreen:

    2 stroke still 2 stroke, no matter what😀

  13. […] Perang Mindset Injeksi I,, Siapa yg Menang?? […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s