Dirk Nowitzki-Jason Kidd: Kandidat Hall of Fame Bercincin (part I)

Posted: 19 October 2011 in Louder than a Bomb
Tags: , , , , , ,

Well, sejak NBA bergulir di tahun 1950-an sudah banyak nama-nama pemain yang masuk dalam daftar Hall of Fame. Sebut saja Bill Russel, Wilt Chamberlain, Magic Johnson, Larry Bird, Kareem Abdul Jabbar, Hakeem Olajuwon, Michael Jordan dan pemain favorit WBS Dennis Rodman. Nama2 tersebut adalah hall of famer yang beruntung karena sudah merasakan manisnya memiliki cincin juara NBA Finals. Ada juga hall of famer NBA yang tidak memiliki cincin, sebut saja Karl “the Mailman” Malone, John Stockton, Patrick Ewing, dan Charles Barkley. Mereka memang pemain hebat, tapi sayangnya gelar juara NBA Finals tidak sempat mereka raih hingga pensiun.

Dirk “Big D” Nowitzki dan Jason “Captain Kidd” Kidd WBS yakin dimasa mendatang kedua pemain tersebut akan masuk dalam kategori Hall of Fame. Dan mereka beruntung karena hampir dipenghujung karirnya, Big D dan Captain Kidd berhasil meraih satu cincin. Yep, mereka berdualah motor Dallas Mavericks dalam meraih gelar pertamanya selama berkancah di NBA sejak tahun 1980.

Seperti para hall of famer lainnya yang berhasil mengangkat timnya menjuarai NBA, Big D dan Captain Kidd juga mengalami masa2 kekecewaan sebelum merasakan manisnya cincin juara. Dirk Nowitzki pernah mengalami kegagalan di NBA Finals 2006. Dan setelah kegagalan tersebut, Dirk menjalani tahun-tahun yang pahit di babak playoff. NBA regular season 2007, Dirk berhasil mengangkat Mavericks memenangkan 67 games (peringkat satu overall) dan menjadi MVP. Tapi di babak playoff, Dirk terpaksa menelan pil pahit setelah dikandaskan oleh Baron Davis dan Golden State Warriors (peringkat ke-8 wilayah barat) di ronde pertama. Musim playoff selanjutnya, Dirk dikandaskan oleh rival Texas-nya San Antonio Spurs. Dan pada musim-musim selanjutnya Dirk selalu gagal membawa Mavericks ke babak semifinal wilayah. Para pengamat NBA pun menyatakan mental dan kemampuan defense Dirk yang lemah sebagai alasan gagalnya Mavericks.

Sedangkan Jason Kidd, dia sudah merasakan pahitnya kekalahan di NBA Finals dua kali. Yang pertama di NBA Finals 2002, Kidd dan New Jersey Nets disapu bersih oleh Kobe-Shaq dan LA Lakers. Sedangkan pada musim selanjutnya, Kidd yang kembali berhasil membawa Nets ke babak NBA Finals lagi2 ia harus menerima kekalahan, kali ini dari San Antonioi Spurs (4-2). Musim2 selanjutnya Kidd juga gagal melaju ke babak semifinal wilayah (kecuali tahun 2006).

(bersambung ke part II)

Comments
  1. […] Dirk Nowitzki-Jason Kidd: Kandidat Hall of Fame Bercincin (part I) […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s