Sekedar Coretan: Apalah Arti Sebuah Nama??

Posted: 10 October 2011 in Sekedar Coretan
Tags: , , , ,

Well, tadi pagi waktu nganterin keponakan ane ke dokter. Ane cukup takjub jg pas ngeliat nama tempat prakter dokter langganan. Nama tempat prakteknya “Tumbuh Kembang” yang bermarkas di Jl. Alternatif Cibubur. Sepintas ane juga langsung kepikiran nama warung soto pas ane mampir waktu mudik lebaran kemaren. Nama warung sotonya “Soto Rumput” yg terletak di sekitar jalan raya Salatiga.

Hmm, Tumbuh Kembang dan Soto Rumput. Kalo menilik-nilik kutipan eyang William Shakespeare yg berbunyi, What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet. Yg artinya kira2, “apalah arti sebuah nama? Meskipun kita menyebut bunga mawar dengan sebutan yg laen, toh harumnya akan tetap sama.” Ehemm, kalo ditanya apalah arti sebuah nama, WBS akan tetap menjawab tetap berarti:mrgreen: . yah walopun kutipan eyang Shakespeare itu ada dalam sebuah dialog epik yg berjudul  Romeo & Juliet dan kebetulan memang benar adanya artian dialog tersebut. Tetap saja persoalan nama menarik dibahas, terutama nama Tumbuh Kembang dan Soto Rumput.

Kenapa ane tertarik?? Nama Tumbuh Kembang dan Soto Rumput menurut ane merupakan sebuah nama yg simpel, mudah diingat, dan bermakna luar biasa lho bro n sis. IMHO, kedua nama tersebut memiliki kesamaan visi alias harapan. Tilik saja arti dari Tumbuh Kembang, sebagai perumpamaan kalo ada sebuah tanaman yg tumbuh lantas berkembang itu sangat bagus ‘kan? Tumbuh saja sudah bagus apalagi berkembang. Dan bila tanaman itu sudah tumbuh kemudian sari2nya disebarkan oleh serangga atau burung. Maka kemanapun serangga dan burung itu pergi dan hinggap ke suatu tempat, disitulah tanaman baru tadi akan tumbuh. Sama halnya dengan Rumput. Ok, ane tertarik mampir ke warung Soto Rumput memang karena namanya yg unik. WBS pikir akan makan soto rumput beneran (tapi sumpah sotonya enak beneran):mrgreen: . tetapi Soto Rumput adalah hanya nama warungnya saja. Yep, rumput. Sepintas kita harus berpikir, tempat mana sih yg tidak bisa ditumbuhi oleh rumput?? (asal jgn mikir dilahan beton aje yee:mrgreen: ). Selama masih ada tanah kosong, rumput bisa dipastikan bisa tumbuh. So, selama masih ada orang doyan makan yaa warung soto rumput bisa laris juga, iya tho??.

Nah, buat bro n sis yg berniat mendirikan sebuah badan usaha, warung, atau nama blog. Coba deh cari nama yg kreatif, simpel, mudah diinget, kalo bisa punya arti yg mendalam. Seperti kebanyakan orang Cina yg memberi nama tokonya dengan embel2 “Jaya.”  Well, artikel ini emang cuman buat iseng2an ane aja.

Semoga berguna🙂

Comments
  1. wendakalubis says:

    Ntar aku buka toko namanya “Toko Orang Ganteng!” wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s