A Funny Story About Soichiro Honda (Part II)

Posted: 16 September 2011 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , , , , ,

Anyway, debut Honda di ajang Isle of Man TT berlangsung tidak terlalu sukses dengan RC 142 2-valves per cylinders yang menempatkan pembalapnya di posisi 6, 7, 8 dan 11. Juaranya?? Siapa lagi kalo bukan MV Agusta dari Italia. Tapi Honda tidak menyerah dan mengumumkan sedang membangun mesin untuk kelas 250cc dan 50 cc dengan karakteristik mesin 4 valves per silinder. Sebuah karakteristik yang aneh pada masanya karena insinyur2 ahli dari Eropa menyatakan tidak ada gunanya 4 valves per silinder dibandingkan dengan 2 valves per silinder.

Well, ternyata pada tahun selanjutnya Honda justru mulai menebar ancaman dengan berada di peringkat kedua manufaktur dibelakang MV Agusta. Dan pada tahun-tahun selanjutnya Honda mulai mendominasi kejuaraan motorsport dunia diberbagai kelas. Bahkan pada tahun ketiga keikutsertaannya di Isle of Man TT, Honda berhasil memenangkan kelas 125 cc ditangan Mike Hailwood. Sampai pada tahun 1968, Honda memutuskan untuk mundur dari ajang balap motor dunia. Alasannya target alias impiannya sudah tercapai dengan memenangkan 16 juara dunia plus 138 kemenangan GP-series diberbagai kelas. Bahkan pada tahun 1966, Mike Hailwood yang turun dikelas 250 cc dengan RC 166 memenangkan 10 dari 11 seri yang dipertandingkan.

Resepnya adalah 4 valves per silinder yang sebelumnya diremehkan oleh insinyur ahli Eropa, dan juga inovasi-inovasi berani yang dilakukan oleh Honda. Seperti RC 146 yang memiliki spesifikasi sangar, 125 cc, 4 silinder, 16 valves, dan 8-speed gearbox. Atau 250 cc V8, 50 cc triple silinder. Bahkan Honda RC 166, 250 cc 6 silinder dijuluki “the art of motorcycle racing” oleh Mike Hailwood. Hal ini dibuktikan “Mike the Bike” dengan memenangkan 10 dari 11 kejuaraan kelas 250 cc pada tahun 1966 dan Mike berhak atas gelar juara dunia 250 cc.

(Bersambung lagi broo..:mrgreen: )

Comments
  1. […] Top Posts & Pages A Funny Story About Soichiro Honda (Part I)3 Alasan Utama Kita Masih Mengagumi Valentino RossiLawan Honda CBR 250R bukan Cuma Kawasaki Ninja 250RFull Throttle Film Kejayaan 2-Stroker's dan Macau10 Reasons Why We Love Kobe BryantPrediksi Los Angeles Lakers di Playoff 2011Selamat Tinggal NBA Regular Season 2011, Selamat Datang NBA Post Season 2011Bukan Foto Biasa!!Di Ajang Market berbau “Sport” Horsepower is Sell For SureA Funny Story About Soichiro Honda (Part II) […]

  2. B M W ♣ says:

    Woh,125cc 4cylinder. . . . . All new cbr gak ada apa apanya

  3. speknya emang cadas broo.. dan ternyata ada 2 spek dari RC 146,, 4 silinder 25 HP di !6.000 rpm dan 5 silinder 30 HP di 30.000 rpm,, dua2nya 4 tak.. beratnya cuma 73 kg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s