A Funny Story About Soichiro Honda (Part I)

Posted: 14 September 2011 in Louder than a Bomb, Motorcycle
Tags: , , , , , ,

Alkisah, pada tahun 1954 seorang Soichiro Honda bergumam, “My childhood dream was to be a motorsport World Champion with a machine built by myself.” Yang artinya kira-kira, “mimpiku sejak kecil adalah memenangkan kejuraan motorsport dengan mesin yang aku bangun.” Sebuah mimpi yang fantastis, karena pada masa itu memenangkan sebuah GP series adalah hal yang tak terbayangkan bagi pabrikan Jepang. Karena pada masa tersebut, produk motor Jepang terkenal dengan reputasinya yang buruk. Baik itu kualitas maupun modelnya yang agak kuno dan terkadang meniru mentah2 desain dari Italy atau Inggris.

Tapi Soichiro Honda berpikir, untuk memperkenalkan produknya lebih luas Honda harus mengikuti dan memenangkan kejuaraan dunia. Dan pada tahun 1954, Honda memutuskan untuk mengikuti kejuaraan Isle of Man TT, serta membangun sebuah prototipe motor 220 cc satu silinder. Pada tahun yang sama pula, Soichiro Honda pergi ke Eropa untuk menyaksikan Isle of Man TT. Kenapa Isle of Man TT?? Karena saat itu, kejuaraan inilah yang paling bergengsi. Dalam sekejap, Soichiro langsung kecewa karena menyaksikan calon kompetitornya jauh lebih kencang dibandingkan dengan prototipe yang sedang dibangunnya.

Sebuah cerita lucu terjadi ketika Honda hendak kembali ke Jepang. Soichiro yang membeli “spareparts” seperti indikator rpm, busi, velg, dan lain-lain rupanya menyebabkan kopernya kelebihan berat sehingga ia terpaksa dilarang naik ke pesawat. Tapi dasar Soichiro ia lantas tidak kehilangan akal, seluruh pakaiannya ia pakai dan “oleh2nya” ia taruh dikopernya bahkan sebagian ia kantongi. Walhasil ketika kopernya ditimbang lagi ia diperbolehkan naik pesawat. Soichiro pun berkata kepada petugas bandara, “dasar bodoh, sekarang saya boleh masuk padahal berat saya dan koper tadi sama saja.” Tentu saja Soichiro benar, karena ia hanya memindahkan sebagian isi koper ke badan dan kantung pakaiannya.

(Bersambung…)

Comments
  1. B M W ♣ says:

    Halah,bersambung barang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s