Hari ini pertandingan diwarnai oleh munculnya sebuah sejarah baru. Dimana pemain-pemain muda sudah siap memegang tongkat keemasan sebagai tanda bahwa jaman sudah berganti. Tim Duncan dkk sudah saatnya menyerahkan tongkat kejayaannya kepada Zach Randolph dkk. Saya akan mulai membahas recap hasil pertandingan dari Bulls vs Pacers.

Sekali lagi Indiana Pacers memberikan perlawanan ketat terhadap Top seeded Chicago Bulls. Pacers yang tertinggal 3-0 di playoff, memastikan terjadinya game ke-5 di kandang Chicago, United Center. Danny Granger memasukkan 4 tembakan free throw penentuan untuk mengamankan kedudukan untuk skor akhir menjadi 89-84. Chicago Bulls yang tertinggal 84-71 di 2 menit tersisa, melakukan rally dan memangkas ketertinggalan menjadi 85-84 melalui three point play dari Joakim Noah, sayangnya tembakan 3 angka dari Carlos Boozer gagal masuk. Dan Derrick Rose yang menjadi top skorer (32.7 PPG) di seri ini, hanya berada di garis free throw sebanyak 4 kali. Jauh di bawah rata-rata-nya 16.3 FTA dari 3 game sebelumnya. Plus, cedera angkel yang diderita Rose membuatnya menembak dengan persentase buruk 37.9 % FG alias di bawah rata-ratanya di regular season yang mencapai 44.5 % FG. Danny Granger menjadi player of the game dengan mencetak 24 angka, 10 rebound, dan 4 assists. Sedangkan dari Chicago Bulls, Joakim Noah memimpin dengan perolehan 21 angka dan 14 rebound. Derrick Rose juga mencetak double-double dengan 15 angka, 4 rebound, dan 10 assists. Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Indiana Pacers di playoff, setelah era Reggie Miller yang pensiun pada tahun 2006.

Portland Trail  Blazers membuat rekor di playoff dengan melakukan rally setelah tertinggal 67-44 di kuarter ketiga. Dan Portland menjadi tim ketiga di era 24-shot-clock yang berhasil memenangi pertandingan setelah ketinggalan 18 angka di playoff. Brandon Roy yang dalam 2 laga tandang tidak bermain terlalu dengan baik, berhasil memasukkan tembakan penentuan yang menyebabkan Blazers unggul 84-82 menjelang pertandingan bubar. Mavericks yang berusaha memenangi pertandingan, gagal memasukkan 2 kali tembakan 3 angka dari Jason Kidd dan Jason Terry (keduanya di jaga oleh Roy). Dalam pertandingan ini, Blazers unggul di jumlah free throw yang mengakibatkan pemain Mavericks terkena foul trouble, tercatat Kidd 4 foul dan Tyson Chandler yang terkena 5 foul.LaMarcus Aldridge berhasil mencetak 18 angka dan 6 rebound, Gerald Wallace mencetak doubl-double dengan 10 angka dan 11 rebound, Brandon Roy yang menjadi player of the game menyumbang 24 angka, 4 rebound, dan 5 assists. Sedangkan di kubu Mavericks, Shawn Marion mencetak double-double dengan 12 angka dan 11 rebound, Dirk Nowitzki menyumbang 20 angka.

Another history datang dari pertandingan San Antonio Spurs vs Memphis Grizzlies. Memphis berhasil memenangkan laga kandang pertama di FedEx Forum, setelah menumbangkan perlawanan Spurs dengan skor tipis 91-88. Zach Randolph yang mencetak 25 angka, menceploskan tembakan 3 angka penentuan. Manu Ginobili yang memegang bola pada detik-detik akhir gagal meminta timeout dan menembakkan bola. Hingga akhirnya buzzer berbunyi sebagai tanda berakhirnya pertandingan. Kalo melihat kebelakang sejarah Spurs, ketika mereka tertinggal 1-0 di kandang maka Spurs maju ke babak selanjutnya jika memimpin 2-1. Dengan hasil ini, maka kemungkinan Spurs untuk maju ke babak semifinal wilayah menjadi berat. Kecuali mereka berhasil menyamakan kedudukan pada game ke-4 yang masih berada di kandang Grizzlies.

Mike Conley berhasil menjaga Tony Parker yang mencetak 16 angka (5-14 FG) dan 6 Turn Over (TO). Spurs yang sempat tertinggal 15 angka, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 80 sama dengan tembakan free trow Ginobili. Dan kunci kemenangan Memphis terletak di keunggulan fast break points dan paint area points dan melimit pemain San Antonio Spurs mencetak tembakan tiga angka (hanya memasukkan 2 dari 15 3-PTS FG). Tim Duncan mencetak 13 angka, 11 rebound dan 6 assists, dan Manu Ginobili memimpin perolehan poin dengan 23 angka.

Sementara itu, kemenangan OKC Thunder atas Denver Nuggets dengan skor tipis 97-94, semakin mendekatkan OKC untuk maju ke babak semifinal wilayah setelah unggul kedudukan 3-0 di ronde pertama playoff. OKC Thunder yang merupakan sebuah tim yang pindah markas dari Seattle pada tahun 2008, besar kemungkinan memenangi playoff series pertamanya dalam sejarah mereka. Denver Nuggets yang mencoba untuk memenangkan petandingan playoff pertamanya tanpa Carmelo Anthony, gagal memanfaatkan kesempatan free throw. Total pemain Denver hanya memasukkan 30 dari 45 kesempatan di garis free throw. Artinya, mereka menyia-nyiakan 15 tembakan free throw pada pertandingan ini, dan 79-115 FTA dalam seri ronde pertama (69 % FT made). Kedua tim sebenarnya bermain imbang, dilihat dari persentase FG, persentase tembakan tiga angka, rebound, assists. Tetapi, sekali lagi buruknya persentase tembakan free throw menyebabkan Denver kalah pada pertandingan ini. Serge Ibaka, pemain spesialis defender (memimpin perolehan blok dengan 198 blok di regular season)memiliki andil yang besar dalam memenangkan pertandingan dengan mencetak 26 angka, 16 rebound, dan 4 blok. Kevin Durant mencetak 26 angka, sedangkan Russel Westbrook mencetak 23 angka, 9 rebound, dan 8 assists. Dari kubu tuan rumaH Denver Nuggets Nene Hilario mencetak 15 angka dan 10 rebound. Anything can happens for the next game.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s