Prediksi Matchup Ronde Pertama Dallas Mavericks vs Portland Trail Blazers

Posted: 16 April 2011 in Prediksi Game
Tags: , , , , , , , , , , ,

Sebelum saya memulai prediksinya, saya ucapkan terlebih dahulu “selamat datang di NBA Playoff 2011, here comes the greatest season.” Well, tadinya sih saya berharap bahwa besok yang akan disiarin adalah game 1 Chicago Bulls vs Indiana Pacers. But, it’s okay this is playoff, every game is great. Plus ini adalah satu-satunya match up yang seimbang kedudukannya di regular season selain San Antonio Spurs vs Memphis Grizzlies (2-2). Kedua tim yaitu Dallas Mavericks vs Portland tral Blazers bertemu 4 kali di regular season, dan masing-masing tim berhasil menjaga home court-nya (berakhir imbang 2-2). Jadi pertandingan hari Minggu 17 April 2011 ini dipastikan bakal seru abieesss.

Secara komposisi pemain, kedua tim bisa dianggap hampir seimbang. Ini adalah pertarungan kumpulan pemain muda yang telah matang, berbakat dan atletis dari kubu Blazers versus pemain-pemain veteran berpengalaman dari kubu Mavericks, plus inilah pertarungan kecepatan dan kelincahan pemain Blazers vs big size dan penembak perimeter Mavericks (hmm, membayangkannya saja sudah cukup rame :mr.green: ). Sekedar info tambahan, Dallas Mavericks memiliki 4 pemain dengan tinggi badan 7’0 ft alias 7 kaki (213 cm) yaitu, Dirk Nowitzki (PF), Tyson Chandler (C), Brendan haywood (C), dan Ian Mahimi (F-C). bahkan LA Lakers pun Cuma memiliki 2 pemain dengan tinggi badan 7 kaki, Pau Gasol (PF) dan Andrew Bynum (C). Plus mereka memiliki penembak perimeter jitu si tinggi Peja Stojakovic. Dari kelima posisi pemain di dua kubu memiliki matchup yang hampir seimbang. Sebut saja Andrew Miller vs Jason Kidd, Gerald Wallace vs Shawn Marion, LaMarcus Aldridge vs Dirk Nowitzki, Brandon Roy vs Jason Terry, dan Marcus Camby vs Tyson Chandler.

Size vs speed, kira-kira bagaimana strategi kedua tim besok. Hmm, saya menduga besok kedua tim akan bermain dengan zone defense. Kenapa?? Karena Mavericks memiliki Dirk Nowitzki yang bisa bermain di area perimeter dan Low-Post plus Jason “Jet” Terry dan Peja Stojakovic. Hal ini semata-mata dilakukan Portland untuk melimit kontribusi Nowitzki-Terry-Stojakovic. Ketika ketiga pemain perimeter tersebut tidak berjalan, Mavericks terpaksa bermain Low-Post atau pick-and-roll. Maka Portland dengan Marcus Camby dan Gerald Wallace siap menjaga Tyson Chandler dan Shawn Marion. Oleh karena itu, Portland akan men-double team bahkan triple team habis-habisan terhadap Dirk Nowitzki untuk memaksa terjadinya turn over dan memanfaatkan speed mereka untuk fast break point. Sedangkan dari kubu Mavericks, zone defense lebih digunakan untuk melimit pick-and-roll duo Miller-Aldridge. Karena inilah pola serangan yang umum bagi Blazers sejak Brandon Roy terkena cedera dan Mavericks memiliki keunggulan di size para pemainnya plus pengalaman tentunya.

Kalo kita melihat matchup pemain dan strategi kedua tim yang hampir seimbang. Lantas tim mana yang akan menang?? Hmm, ini basketball game bung harus ada yang menang. Oke, untuk menjawab pertanyaan tersebut saya harus meminjam perkataan Ben Wallace, “this is playoff, it’s not just about X’s and O’s, it’s about who wants it more.” Artinya kira-kira gini, “ini adalah playoff, kita tidak hanya berbicara factor-faktor atau parameter tim mana yang layak juara, tapi lebih kepada siapa yang lebih menginginkannya. “ Jadi, menurut saya Mavericks dengan Jason Kidd-Dirk Nowitzki-Shawn Marion sudah sangat pantas mengangkat tropi juara. Apalagi mereka sudah mengalami beberapa musim dengan kekalahan yang pahit. Dallas Mavericks berisi dengan pemain yang haus akan gelar juara dan memiliki home curt advantage. Saya minta maaf kepada fans Roy-Aldridge-Miller-Wallace, mereka adalah pemain hebat tapi belum cukup untuk musim ini. Oleh karena itu, Dallas Mavericks-lah yang akan memenangi first round series ini meskipun dengan susah payah.

Semoga berguna :mr.green:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s