Peluang Boston Celtics di NBA Playoff 2011

Posted: 10 April 2011 in sounds of the game
Tags: , , , , , , ,

Well, sejak memenangi NBA Finals 2008, Boston Celtics mengalami sindrom seperti tim-tim pada umumnya yang baru menjadi juara NBA. Sindrom itu adalah sindrom cedera yang dialami oleh para pemainnya dan sindrom kurangnya motivasi untuk mempertahankan gelar. Dan sejak era Milennium pula, tercatat hanya LA Lakers yang sanggup juara secara back to back alias berturut-turut.

Nah, bagaimana peluangnya di NBA post season 2011 ini. Well, peluang itu tetaplah sangat besar untuk tim sekelas Celtics. Apalagi <sampai tulisan ini diposting> The Big Four mereka, Paul Pierce, Ray Allen, Kevin Garnett, dan Rajon Rondo berada dalam kondisi fit. Boston Celtics saat ini adalah tim yang benar-benar menggunakan filosofi PG, SG, SF, PF, dan C. Hal inilah ini yang membuat saya kagum pada tim ini. Mereka bermain sebagai true team, apalagi filosofi tim ini “Ubuntu”, yang berarti “together on the court, together off the court“.

Bicara soal chemistry, hadirnya Kevin Garnett sebagai tiang defense, Paul Pierce sebagai go-to-guy, Ray Allen seorang pure shooter, dan Rajon Rondo playmaker  mereka menjadikan Boston Celtics sebagai tim yang sangat solid. Sayangnya, setelah All Star Danny Ainge men-trade Kendrick Perkins. Pemain yang mampu membuat Dwight Howard seorang pemain center  tangguh berkeringat ketika dikawal oleh K-Perk. Hal ini tentu merugikan Boston Celtics dari segi interior defense mereka. Apalagi bigman veteran mereka Shaquille O’Neal dan Jermaine O’Neal belum berada pada kondisi yang fit untuk bermain di level playoff.

Bagaimana dengan team balance dan bench player mereka??

Well, mereka adalah calon tim juara, Boston Celtics merupakan tim peringkat ke -2 dalam defense. Soal offense, mereka memang hanya peringkat 17. Tetapi Celtics adalah tim paling efisien dalam FG percentage. Rata-rata minute play pemain starternya pun tidak lebih dari 34 MPG. Artinya, Boston Celtics termasuk salah satu tim yang paling komplet di NBA. Danny Ainge dan Doc Rivers memang tidak hanya menargetkan timnya untuk sekedar masuk playoff. Boston Celtics adalah tim yang disiapkan untuk menjadi juara.

Permasalahan utama mereka adalah rentannya bigman mereka dengan cedera. Yang kedua adalah, kemungkinan besar Celtics akan bertemu dengan Derrick Rose dan Chicago Bulls. Sejak Tony Allen dikontrak Memphis Grizzlies, praktis Celtics kekurangan defender perimeter yang tangguh untuk menjaga guard-guard lawan yang cepat dan atletis. Rajon Rondo memang pemain hebat untuk urusan steal. Tapi tak bisa dipungkiri, size Rajon Rondo untuk menjaga pemain guard yang lebih besar darinya bukanlah yang terbaik. Well, kita tunggu saja NBA Eastern Conference Finals.

Semoga berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s