Resensi film Wall Street 2: Money Never Sleep

Posted: 9 March 2011 in resensi

Mungkin udah terlambat  untuk menulis resensi film ini. Soalnya film ini udah dirilis di bioskop Indonesia sejak 24 September 2010. Yah lebih baik terlambat daripada nggak memulai sama sekali. Beside, saya mau jujur kalo saya belum nonton wallstreet yang pertama. Ok, back to the topic. Film ini mengisahkan tentang Gordon Gekko (Michael Douglas), yg bebas dari penjara selama 8 tahun karena kasus penipuan penjualan saham/securities fraud dan Jacob Moore (Shia LaBeouf) yang jatuh cinta pada Winnie Gekko (Carey Mulligan), putri dari Gordon Gekko.

Cerita ini bermula setelah tujuh tahun Gordon Gekko keluar dari penjara dan menjadi penulis buku yang berjudul “Is Greed Good (Apakah tamak itu benar, red.).” Jacob yang bekerja di perusahaan Keller Zabel dan mencari investor demi proyek untuk perusahaan United Fusion harus menghadapi kenyataan bahwa Louis Zabel (Frank Langella) yang ia anggap sebagai ayahnya sendiri meninggal bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke kereta yang sedang melintas. Sehingga muncul rumor bahwa  Louis bunuh diri karena harga saham perusahaannya yang anjlok dan mengalami kebangkrutan. Jacob sendiri menduga ada yang tidak beres dengan anjloknya harga saham karena Keller Zabel adalah perusahaan investasi dengan reputasi yang baik.

Secara tidak sengaja Jacob bertemu dengan Gordon Gekko yang sedang memberikan seminar tentang bukunya. Pertemuan inilah yang memberikan titik terang terhadap masalah yang ia hadapi tentang siapa dalang dibalik kebangkrutan perusahaan tempat ia bekerja dan menyebabkan Louis Zabel bunuh diri. Gordon yang memang sudah malang melintang didunia Wallstreet pun memberitahu bahwa ada kemungkinan Bretton James (Josh Brolin) adalah orang yang Jacob cari. Dan sebagai imbalannya Gordon meminta foto Winnie seorang diri.

Jacob yang menyimpan dendam kepada Bretton, berusaha menghancurkan perusahaan Bretton James dengan menyebarkan rumor palsu. Perusahaan Hydra-Offshore yang bekerja sama dengan Bretton dikira public akan dinasionalisasi pun menjadi rugi 120 juta dollar karena harga sahamnya anjlok. Bretton justru menjadi tertarik kepada Jacob dan berencana menjadikannya sebagai broker di perusahaannya.

Jacob kembali mendatangi Gordon dan menanyakan mengapa Gordon tahu bahwa Bretton adalah orang dibalik kebangkrutan Keller Zabel. Gordon pun memeberitahu bahwa Bretton kemungkinan adalah orang yang juga menyebabkan ia dipenjara selama 8 tahun karena kasus “Bud Fox.” Jacob menawarkan untuk mempertemukan Winnie dengan Gordon, sebagai imbalannya Gordon akan mencari tahu persoalan Bretton James.

Pada acara penggalangan dana yang diadakan oleh perusahaan Bretton, Jacob berhasil mempertemukan Gordon dengan putrinya yang membenci dia karena menyebabkan Rudy kakaknya bunuh diri, Winnie. Gordon pun mengatakan bahwa dia menyesal atas segala yang terjadi dan berjanji untuk membuat segalanya menjadi lebih baik. Winnie memaafkan ayahnya, Gordon.

Churchill Schwartz yang dipimpin Bretton berusaha mendapatkan investor dari Cina untuk  perusahaan Hydra-offshore. Jacob yang sudah terbiasa dengan perilaku orang Cina berhasil mendapatkan dana investasi sebesar 150 juta dollar untuk perusahaan United Fusion. Tetapi dana tersebut dipakai untuk perusahaan Hydra-Offshore yang dimiliki oleh Bretton. Jacob pun marah dan keluar dari Churcill Schwartz.

Jacob pun berusaha untuk mencari dana sebesar 100 juta dollar dan mendatangi kembali Gordon gekko. Gordo memberitahu bahwa ia menginvestasi sejumlah uang atas nama Winnie anaknya yang nilainya sudah mencapai 100 juta dollar. Jacob pun berbicara kepada Winnie untuk mentransfer uang sebesar 100 juta dollar ke perusahaan United Fusion (UF). Tetapi uang yang seharusnya ditransfer ke UF tidak terjadi karena uang tersebut digunakan Gordon untuk dirinya.

Winnie pun kesal dengan sikap ayahnya yang masih mementingkan uang dan Jacob sekaligus memutuskan hubungannya. Jacob pun kembali mencari Gordon dan memberitahunya bahwa Winnie mengandung anaknya (cucu Gordon) untuk mengadakan pertukaran agar Gordon mengembalikan uang Winnie. Tetapi Gordon tidak mau tahu.

Melihat persoalannya yang semakin sulit akhirnya Jacob menuliskan tentang kasus skandal yang terjadi di Wall Street dan menyebarkannya di situs milik Winnie. Kasus tersebut semakin berkembang dan akhirnya Bretton james di adili akibat skandal penggelapan pajak dan penjualan saham illegal (stock fraud).

Gordon akhirnya sadar dan mengembalikan uang Winnie untuk diinvestasi di United Fusion tanpa mencantumkan namanya. Winnie bersedia memaafkan Gordon dan kembali kepada Jacob. The end.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s