Memulai itu sulit???

Posted: 9 March 2011 in NBA Games Report
Tags: ,

Kalo melihat judul di atas kok sepertinya bukan sebuah judul yang baik untuk memulai karir saya sebagai blogger.. hehe…

Tetapi pernyataan ini terinspirasi dari beberapa kali kegagalan saya untuk memulai nge-blog kira-kira sudah ada tiga nama akun yang saya buat, yaitu bikersbudiman.wordpress.com, juraganbaso.blogger.com, dan vixykublackmamba.wordpress.com. Akun sudah punya, tapi gak bikin artikel/menulis, sama aja boong.. hehe..

Sama halnya dengan ke-istiqomahan saya dalam beribadah. Sering saya melakukan shalat Tahajud, tapi lebih sering pula saya meninggalkan ibadah tersebut. Kalo dianalogikan dalam dunia olahraga, memenangkan kejuaraan lebih mudah daripada mempertahankan gelar tersebut. Dan kalo dianalogikan dengan ilmu fisika, untuk memulai gerak diperlukan suatu energi  potensial, dan kalo sudah bergerak, maka yang ada energi kinetik.  (omongan ini bukan berarti saya pintar dalam fisika).

Terus maksudnya apa??

Begini, semua manusia diciptakan oleh Allah SWT mempunyai potensi. Entah itu potensi berbuat kebaikan, potensi beriman, potensi berbuat amar ma’ruf nahi mungkar, bahkan potensi melanggar perintah Allah SWT. Potensi tersebut ada karena Allah SWT juga menciptakan kepada manusia akal pikiran dan hawa nafsu.

Potensi anda untuk berhasil sama dengan potensi anda untuk gagal. Tetapi energi untuk anda berbuat keistiqomahan meraih keberhasilan lebih besar daripada energi anda untuk memulai gerak. Karena anda memerlukan energi yang berkesinambungan atau kontinyu untuk meraih keberhasilan anda sendiri.

Tambah bingung??? Samaaa…

Terkadang kita sudah memiliki niat untuk berbuat suatu kebaikan, tetapi niat itu ternyata hanya sampai di hati tapi tidak diproses ke otak untuk menggerakkan saraf-saraf motorik kita agar niat kebaikan itu berbuah menjadi sebuah tindakan/aksi yang nyata.

Kok bisa??? Ingat..

Ingatlah Allah SWT tidak hanya memberi akal pikiran tetapi juga hawa nafsu. Hawa nafsu inilah yang mendekatkan diri kita kepada bisikan setan, seperti disebutkan dalam firman Allah SWT:

“Sesungguhnya, setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?'” (al-A’raaf [7]: 20-22)

“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.” (Q.S. Al-An’am 6:112)

Masih banyak ayat-ayat Al-Quran lainnya yang menyebutkan bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Dan setan akan selalu menghalangi langkah manusia untuk berbuat kebaikan. Godaan setan kepada manusia bisa berupa bisikan yang terkadang membuat keraguan, membungkus keburukan, perbuatan maksiat dan dosa dengan aroma-aroma kebaikan, menumbuhkan benih kebencian, bahkan setan dapat mengalir dalam nadi darah kita sehingga kita merasa sulit untuk melangkah menuju kebaikan dan lain-lain.

Yang harus kita sadari adalah:

“Agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh setan itu, sebagai cobaan bagi orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan yang kasar hatinya. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat.” (QS. al-Hajj 22 : 52).

Terkadang Kita memang merasa sulit untuk memulai suatu kebaikan. Karena sebagai manusia kita selalu mendapat godaan dari setan. Sehingga tidak jarang justru kita menjadi bersahabat kepada setan. Tetapi ingatlah, bahwa Allah pun memberikan kita senjata untuk menangkal godaan setan. Yaitu dengan cara:

1. Membaca Ta’awudz dan basmalah

2. Berwudhu

3. Shalat

Dan ingatlah firman Allah SWT berikut ini :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’du ayat 11).

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (di dunia), dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka (di akhirat) dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (Qs  ِAn Nahl: 97)

Jadi ingatlah sodaraku, untuk selalu berniat untuk melakukan suatu kebaikan. Mulailah berbuat baik dari diri kita sendiri, karena kita pasti akan mendapat balasan yang baik pula dari Allah SWT. Memang untuk memulai itu sulit, tetapi lakukan saja apa yang telah menjadi senjata kita untuk melawan godaan setan. Dan mulailah niat itu, realisasikan dengan perbuatan walaupun dengan langkah yang kecil sekalipun tertatih. Suatu perjalanan yang panjang tidak akan terlaksana tanpa langkah pertama. Bangunan yang indah tidak akan terbentuk tanpa peletakan batu pertama. Tetaplah semangat, optimis, dan perbanyaklah bahan bakar (mimpi) anda untuk menggerakkan saraf-saraf motorik anda.

Semoga terealisasi dan selamat menikmati sajian dari warung ini. Anda suka berikan jempol, ada komentar silahkan berkomentar.. hehe.. wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s