Stang Byson Plus Footstep NUI Rekomen Buat V-ixion

Posted: 26 April 2011 in Motorcycle
Tags: , , , , , , ,

Nah, kali ini saya mau menberikan review pemasangan stang byson dan futstep NUI di Yamaha Vixion saya. Seperti yang sudah saya bilang pada artikel sebelumnya, saya memang terpaksa mengganti stang dan futstep yang bengkok akibat musibah yang saya alami. Sebenernya sih stang ama futstepnya nggak bengkok-bengkok amat, cuman namanya setang yah pasti lama2 berpengaruh juga ama kenyamanan. Tapi kalo futstep mah sebenernya buat alesan doang ganti karena jatoh,, xixi :mrgreen:,, sorry ya honey makan di gubuk pizza-nya laen kali saza :-D.

Sebelumnya ane mau nge-share bahwa Yamaha V-ixion adalah motor yang paling nyaman yang pernah ane coba (entahlah mungkin efek baru punya motor kali yee:-D). Saya pernah riding 200 km non-stop tapi gak berasa pegel tuh,  yang ada masuk angin gara2 dijalan banyak angin :mrgreen: . Tapi riding position dengan stang n futstep sutandard lama-lama berasa aneh juga. Soalnya dengan postur ane yang 175 cm plus panjang tangan ane yang kalo direntangin ke atas sama dengan orang yang tingginya 177 cm (iyeh bener gua panjang tangan dalam artian sebenarnya :-D ), kalo lagi riding ane suka grasa-grusu nyari posisi wuenak disingkat “PW”. Mau bongkok stangnya kurang lebar aro rada tinggi, mau tegak eh merosot mulu joknya licin :lol:. Nah, kalo soal futstep juga berasa gak enaknya kalo lagi macet ato ngeluarin motor dari rumah suka nyangkut di betis. Problem tersebut sih sama dengan semua futstep standar motor yang pernah ane coba. Singkatnya, selalu saja ada alesan untuk beli aksesoris motor :mrgreen: .

Nah, bagaimana setelah diinstall kedua item tersebut. Hmm, nikmat bin mantap binti laziiss. Kalo penasaran kira2 gimana riding positionnya disinyalir mirip dengan mbak2 yang naek Ducati Monster 696 ini. Yah 11-50 lah mirip-miripnya :mrgreen: (mau bilang 11-12 gak enak ma yang punya Ducati beneran,, xixi). Kalo soal enak memang jauh lebih enak dibandingin yang standard. Jadi kebayang dong enaknya, standard-nya aja dah enak. Karena setelah ane install tuh stang byson ma futstep NUI, ane jajal test-ride ke Puncak. Proses adaptasi stang sih gak lama, karena ane langsung bergumam, “ini yang gua cari, posisi ginih niiy yang ane mau.” Gimana futstep, ehm emang mantep bro pake futstep racing. Saya aje jadi nyesel, “tau enak kenapa gak dari dulu” xixi. Pokoknya motor berasa jadi nyatu dengan rider-nya. Beda dengan standardnya yang kalo diajak nikung kadang agak ngelebar. Dengan dua item tersebut, nikung di puncak ente cuman perlu pilih road line (jalanan bukan sirkuit, racing line red.) maka motor akan ngikutin apa maunya rider. Singkatnya manut bener dah. Traksi roda belakang juga meningkat, karena posisi kaki yang rada kebelakang. Enaknya lagi kalo macet sindrom futstep nyangkut betis langsung sembuh alias ilang plus jangan khawatir posisi engkol. Karena masih ada jarak buat ngengkol kalo gak mau pake elektrik starter. Dan sekarang paha lebih ngapit ke tangki.

Trus berapa biayanya?? Kalo stang byson di daftar harga di yamaha spare-partnya cuman Rp. 49.000 plus ongkos pasang Rp. 15.000, ane beli stang di DDS Yamaha Flagship Shop tapi pasangnya di beres Dirgantara Motor Ciracas. Nah, pemasangan stang Byson perlu mengganti handgrip-nya juga. Bisa sih, pake handgrip standar tapi hasilnya kurang memuaskan karena bakal ada lubang menganga akibat tidak ada “jalunya”. Plus ada yang perlu dibor dibagian kanan stang, karena posisi lubang V-ixion ada dibawah, sedangkan Byson ada dibagian, susah ngejelasinnya mungkin di tempat kita mencet starternya kali yaa.

Yup, sekalian ganti futstep NUI yang kalo beli di bro vRacing harganya Rp. 375.000, tapi ane beli di toko aksesori biar sekalian pasang. Pertamanya sih mbak2 penjualnya yang cakep ngasih harga Rp. 470.000 plus pasang, tapi kemudian terjadilah negosiasi alot sampe akhirnya ane menggunakan jurus ajian pura2 mau ninggalin toko (sok jual mahal). Begitu ane mau nyalain motor Mbak2 penjualnya yg cakep manggil ane, dan terjadilah perbincangan mencengangkan:

Mbak2 penjualnya yg cakep: “iya deh mas”

Saya: “dimana :roll:?”

Mbak2 penjualnya yg cakep: ”yah disini aja”

Saya: “hah, emang apaan!!”

Mbak2 penjualnya yg cakep: “futstepnya 400 ribu ajah”

Saya: “Oh, okeh deh :shock: ” (otak ngeres berubah jadi malu2 kambing :oops: )

Oh iya ampe lupa, berhubung rem belakang ane masih tromol. Maka pemasangan futstep NUI memerlukan kawat rem yang baru (harga 15 rebu). Pake yang lama bisa sih, tapi sayang aja barang ori dipotong2. Plus pemasangan rem tromol jadi dibalik (lebih jelasnya liat dipoto aja yak). Handgrip variasi yang ane gunakan harganya 40 rebu. Berapa ongkosnya?? total ndiri yak hehe. Jadi kalo anda punya bujet sekitar 500 ribu buat ngedandanin Yamaha V-ixion ente. Dua item ini, yakni stang Byson dan footstep NUI bolehlaah jadi pertimbangan. Secara tampilan memang gak terlalu keliatan, tapi kalo udah dipasang trus ente kendarain sendiri, berasa deh bedanya. Trust me it works :wink: .

Semoga berguna :mrgreen:

Comments
  1. klw ftstep kan bisa di lipet.
    tapi nice jg masukanya…vixi ane masih pk stang rxz

    lam kenal mzbro

    • agak ribet mas bro kalo lagi macet,, hehe
      wah sebenernya ane juga nyarinya stang RX-Z tapi gak dapet, di DDS cemput juga dah gak ada.. ya udh ambil yg Byson aja murah
      lam kenal juga mas bro.. makasih dah mampir :-)

  2. lovemybike says:

    murah ya stangnya. . . eh bro, habis ganti footstep, rem belakangnya masih pakem ga? kok ane habis ganti footstep, rem belakangnya ga pakem jadian :?

  3. @scnk: siap2 6,5 juta buat ngambil ABS dari honda CBR 250R :mrgreen:

  4. Bonsai Biker says:

    manteb mas bro idenya

  5. tu stang RXZ temen(bekas tiger doi).

    kalau futstep masih pake yg ori,tp di geser ke atas(ke lubang baut pengunci).
    tapi hrs ngebor lagi.

    • beruntung yoh dapet stang RXZ,, ane nyari susah nemuinnya.. gimana enak gak pake stang RXZ ?
      dari penampilan lebih oke daripada stang Byson :mrgreen:
      wah berarti enak futstep-nya bergaya racy tapi bisa dilipet,, nice idea :-)

  6. pegel amiiiiiiir bro……terlalu nunduk.

    buat gaya doank..pemakaian harian.

  7. kasamago says:

    emagn vixion enak buat harian, syg stang standarny bikin pegel.. yg cocok kebnyk pake ninja..

    • iya, motor batang paling enak,, ane nyoba make tiger,, kayaknya berat mas bro.. :mrgreen:
      sebelum make stang byson ane juga survey liat stang ninja,, cuman harganya 55 ribu dapet yg abal2,, 75 ribu yg ori.. trus ane tanya ke DDS,, stang byson cuma 49 ribu,, ya sudah ane pilih byson.. :mrgreen:
      pake stang ninja enak ga?? soalnya ane liat lekukannya agak mirip stang jepit..cmiiw

      • Wah ? 75rb om ? :| ane aja beli stang Ninin 150R ori di dealer kawasaki kemarin cuma 50rb om :D sementara jalunya (stabilizer) malah lebih mahal 1 buah 40rb, ane beli sepasang, jadi total keseluruhan 130rb dijamin original :D
        Itu footstep underbone baiknya pake RDB om (Rear Disc Brake) kalo masih pake rem tromol, masih kurang pakem :D

    • bukannya yg bikin pegel malah stang ninja?
      kan malah makin nunduk…….

      http://wahyuvixi.wordpress.com/2011/04/26/157/

  8. @takumi fujiwara: disinyalir memang begitu,, karena lekukan di handle-nya nekuk ke dalem mirip setang jepit.. akhirnya jadi salah satu pertimbangan ane utk lebih yakin ngambil stang byson.. tapi selera org masing2 sih :mrgreen:

  9. whaha.. iya mas bro.. untung ane ngambil stang byson ini.. karena langsung klop :-)

  10. azizyhoree says:

    riding nonstopnya ditingkatin jadi 500km mas bro! *ane dahpernah :mrgreen:

  11. pernah 260 km pp jakarta-pelabuhan ratu,, lgsg dapet angin lewat :-D

  12. smartf41z says:

    Touring sambil ada yang mijitin dari belakang lebih sip. pernah malah touring Sby-Jogja sama istri nonstop. setengah perjalanan masih sempet dipijit. setengahnya lagi istri tertidur sambil sandaran gw. rasanya pundak dan tangan pegel. pantat malah mati rasa. he3….

    • waladalah.. berhubung ane masih bujangan,, saya lebih pilih Gista Putri untuk diboncengin pas touring,, badannya lebih kecil, lebih ringan, plus disinyalir pijatannya lebih enak daripada Aura Kasih yg berbadan lebih bohay :lol:

  13. asmarantaka says:

    wah makin mantapp nih vixi nya :mrgreen:

  14. @takumi fujiwara: pantat siy gak pegel,, cuman nambah kempes aja.. :-D

    @asmarantaka: hehe,, makasih mas bro :mrgreen:

  15. @AditVixyRider: salam kenal juga mas broo.. :-)
    wah.. dari Ninja RR kok jadi pake vixy,, pdhl ninja RR ‘kan motor impian vixioners :mrgreen:
    haha.. wktu nanya harga di toko akseso dijawab ama mbak2 penjualnya yg cakep begitu :mrgreen: , lagian ngeliat bentuk stangnya yg agak nekuk ke dalem,, takut berasa make setang jepit.. enak g mas bro pake setang ninja-nya??
    makasih dah mampir mas brooo… :-)

  16. saya udah pake stang ninja bro tapi pake peninggi stang (raiser) jadi ga pegel :D

  17. yup enak pake stang byson bro, scara ane tinggi, tangan pun panjang, jadinya cocok, buat jalan jauh ga pegel, paling tlapak tangan kesemutan doang,, ane tiap hr pp hampir 120km..
    stang orinya vixion pegel klo ga pake raiser, trs ganti stang ninja mlh tambah pegell… akhirnya skrg stang byson aj… btw pgn footstep nya oi… cm lmyan mahal, tambah 100 lg bs pasang rdb.. pilih yg mn dl ni…

    slm knal mas bro…

  18. hehehe… akhirnya saya teracuni jg sm footstep racing… kmren dah beli plus pasang bro,, dpet hrg 435, blm ongkos psg…. btw lampu rem blkg jd ga bs dipake ya? ato bs diakali pke cara gmn ya?

  19. nanared says:

    nebar racun potas lagi nih yang punya warung untuk urusan putstepnya.

  20. kemen says:

    tiba2 kepikiran nih bro, moga didengar para atpm besar…….

    saya sih penginnya ada motor laki murah dari SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, BAJAJ, hONda, dll untuk para tukang ojek disana,
    ga perlu fitur yang neko2 macam SKS, RDB, radiator, DOHC, digital spido, led lamp, dan fitur2 mubazir lainnya

    yang penting tahan banting, mumpuni diajak nanjak extreme, kualitas bagus, 3S spare part murah dan gampang, tangki awet, power mesin cukup gede utk dipake ditanjakan pegunungan yg sering dipake tukang ojek ato rakyat2 kecil lainnya

    kira2 begini speknya:
    kalo bisa harga 15jt-an sampai under 18jt aja
    150cc 4tak SOHC, 20 PS, manual clutch,torsi bawah gede, karbu (kalo bs injeksi)
    rangka besi tubular standar no coak
    sok belakang stereo
    lengan ayun aluminium
    lampu standar bulat klasik
    spido analog standar aja
    model tangki dibuat agak rata, agar bisa dipake naikin barang bawaan yg kecil
    tutup tangki model ninja, biar air ga gampang masuk!
    rem depan cakram, belakang tromol
    pelk jari-jari aja
    desain moncong knalpot mancung keatas, antisipasi banjir gede bo..

    mungkin spek ini lebih bisa diterima kalangan rakyat kecil, terutama para ojeker di daerah pegunungan tinggi yang banyak tanjakan

    sebenernya dah ada thunder 125, sayang cc-nya cuma 125cc.
    dan pulsar 135 hanya 135cc

    ato bisa juga ngambil dari basis mesin vixion/byson/satria FU yg udah 150cc

    moga2 aja ada yang mau dengar!!!!

  21. siscaamellya says:

    Weleh weleh.. Begini ya.. Ketika Orang Berilmu memberikan Ilmunya hanya ada 1 Kalimat “Semoga ilmu itu Berguna Untuk Orang Lain”.. :)

  22. dana says:

    Ban n pelekny masih standard gk gak?

  23. Dhana says:

    Secara stang standarnya vixy sih masih oke. Tapi gue sering sakit & pegal ditelapak tangan apalagi pas bonceng istri n jalanan menurun.
    Ane juga pengen pasang stang byson, alasannya sing pengen gak pegel ditelapak tangan n handlingnya mantap, tinggi ane 170 kira-kira pilihan yang tepat gk kalo ane pake stang byson.

    Trus tanya lagi gan masih pake ban n foot step standar kira2 masih ok kagak kl stangnya ganti byson ?.

    • pake stang byson itu bikin badan sedikit lbh merunduk.. semua kembali pada rute yang mas bro lewatin,, kalo daerahnya macet abis.. yah lumayan pegel-lah apalg kalo pake per kopling racing.. tp kalo jalanannya lancar jaya.. rekomen bgt pake stang byson.. secara traksi roda dpn tambah manteb.. kalo pake fustep standar buat ane siy msh nyaman2 aja.. tp krn posisi badan lbh bongkok,, sekalian aja pake futstep underbone.. sumpah handling makin manteb n lbh balance jg pas lagi macet2an.. thanks komennya broo :)

  24. ratjoeen ratjoeen, kalo ane sute NUI stang jepit Ride it hehe, btw om piksennya taun 2007 ya? http://brigade15.wordpress.com/2012/12/29/masalah-vixion-ane-ga-kelar-kelar/

  25. riosabda says:

    Numpang tanya ghan… kalo vixion ganti ke setang byson, gimana dg kabel-kabelnya ya, masih cukup gak panjangnya, apa harus ganti juga.

  26. surya says:

    bro mau tanya nih?

    kata orang2 kok kalo ganti setang byson gk cocok ditambahin underbone, nanti tambah capek bgt ! apa bener bro, kalau setang byson + underbone bkin capek ?

    kalo enggak bikin capek, ngakalinnya gmn ? thx ya

  27. yoga says:

    pake stang ninja tangan kanan yang pegel bangbro, itu kalo dijalan yang naik turun
    ane pengen nyoba tuh stang byson

  28. adi sakti says:

    Ane pakai kondom tangki bro….lalu klau ganti stang byson bisa ga ya….apa engga mentok di kondom tangki

  29. surya bimmo seno says:

    gan caranya biar rem nya pakem gmana

Leave a Reply

